Proses Pelantikan Bahlil Lahadalia menjadi Menteri Investasi dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) di Istana Negara, Jakarta pada Rabu, (28/4/2021)/[email protected]

JAKARTA, PASUNDANNEWS – Pernah menjabat sebagai Bendahara Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI). Kini Bahlil Lahadalia resmi menjadi Menteri Investasi dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Hal itu terlihat ketika Presiden Joko Widodo melantik dirinya di Istana Negara, Jakarta pada Rabu, (28/4).

Adapun di tetapkan Bahlil sebagai Menteri Investasi dan BKPM, berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 72P/2021. Tentang Pembentukan dan Pengubahan Kementerian dan Pengangkatan Menteri Kabinet Indonesia Maju 2019-2024.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada UUD 1945 serta akan menjalankan peraturan Undang-Undang dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ujar Bahlil seperti di lansir dari laman Kompas.com, Rabu (28/4).

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas dan jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan dan bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab,” lanjut dia.

Sementara itu, Bahlil Lahadalia sendiri terkenal memiliki banyak perusahaan yang bergerak di berbagai sektor usaha, speerti perkebunan, properti, transportasi, pertambangan, dan konstruksi.

Namun, di balik kesuksesannya sekarang, ia pernah berjuang  dengan berdagang kue hingga menjadi sopir angkutan umum.

Hidup dari kecil yang susah membuat Bahlil yang saat itu masih menempuh jenjang pendidikan sekolah dasar, juga berupaya membantu ekonomi keluarga dengan menjajakan kue di sekolah.

Ketika ia beranjak remaja, Bahlil mencoba mengambil pekerjaan sebagai kondektur hingga sopir angkutan umum.

Dengan kegigihannya tersebut, Bahlil berhasil menyelesaikan  kuliahnya di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay di Papua.

Berikut biodata singkat Bahlil Lahadalia:
  1. Nama: Bahlil Lahadalia
  2. Tempat/Tanggal Lahir: Banda, Maluku Utara, 7 Agustus 1976
  3. Pendidikan: SD Negeri 1 Seram Timur SMP Negeri 1 Seram Timur SMEA YAPIS Fakfak Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay, Jayapura, Papua
  4. Karier: Bendahara Umum PB Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (2003)
  5. Pemilik PT Bersama Papuan Unggul
  6. Pemilik PT Dwijati Sukses Pemilik PT Rifa Capital Holding Company
  7. Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) (2015-2019)

Penulis: Agus Sophanudin

Editor: Johan

Artikel sebelumyaUstadz Abdul Somad Resmi Persunting Gadis Jombang
Artikel berikutnya5 Manfaat Timun Suri untuk Berbuka Puasa