Timun Suri/Instagram

PASUNDANNEWS – Siapa tak kenal dengan timun suri. Ya karena selama bulan Ramadhan, buah ini banyak di cari dan di konsumsi hampir di banyak daerah di Indonesia.

Buah yang seperti buah pepaya ini biasanya di sajikan sebagai minuman untuk berbuka puasa.

Buah dengan nama latin ini Cucumis Sativus, sangat cocok jika di padukan dengan es kelapa muda.

Selain menyegarkan, buah ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita. Seperti di lansir dari steemit.com, Rabu (28/4). Berikut Manfaat buah timun suri bagi tubuh.

1. Baik untuk sistem pencernaan dan menghidrasi tubuh

Kandungan serat yang terdapat dalam timun suri dalam melancarkan sistem pencernaan. Selain itu kandungan air yang melimpah, tak heran buah ini bisa mengatasi dehidrasi ketika puasa seharian.

Buah ini baik unyuk anda yang susah BAB atau pendrita maag. Di anjurkan mengkonsumsi buah timun suri agar membantu mengatasi masalah pada gangguan susah BAB Anda.

2. Mencegah Alzheimer

Buah yang bernama “barteh” atau “dosakaya” pada masyarakat negara India ini memiliki vitamin K, dalam jumlah tinggi. Vitamin K sendiri adalah vitamin yang bisa laruk dalam lemak. Adanya vitamin K akan sangat berguna untuk meningkatkan massa tulang dan mengembangkan osteotropik pada persendian.

Selain itu, kandungan Vitamin K ini dapat menghentikan kerusakan neuronal di otak. Oleh karenanya dengan mengonsumsi buah timun suri dalam jumlah yang pas dapat membantu mencegah terserang penyakit Alzheimer.

3. Sumber antioksidan

Manfaat lain buah ini adalah dapat menjadi sumber antioksidan. Seperti di lansir dari Mayo Clinic, timun suri mengandung beberapa zat antioksidan, termasuk vitamin C, beta karoten, flavonoid, triterpen dan lignan yang memiliki sifat anti-inflamasi.

4. Mengandung zat anti kanker

Selain sebagai sumber antioksidan. Buah di percaya dapat menghambat pertumbuhan sel kanker maupun tumor. Hal itu berdasarkan hasil sebuah penelitian 2010 yang di publikasikan di Scientific World Journal, para ilmuwan menyebut kandungan saponin bisa mencegah kerusakan sel kanker dan kerusakan metabolisme tubuh.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A, asam askorbat, asam caffeic pada buah timun suri berfungsi menjaga kesehatan mata. Tak hanya itu, kandungan vitaminnya dapat mengurangi bengkak atau sembap pada area mata.

Penulis: Nurhayati

Artikel sebelumyaPernah Jabat Bendum PB HMI Sampai Menteri Investasi, Ini Kisah Bahlil Lahadalia
Artikel berikutnyaBacaan Do’a Malam Lailatul Qadar yang Diajarkan Rasulullah