Obyek Wisata Tirta Sejuk, Desa / Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Foto/Hendry.PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.CIAMIS – Bingung akhir pekan mau liburan kemana? Ada nih tempat yang cocok untuk berlibur akhir pekan bersama keluarga.

Kamu bisa menghabiskan waktu liburan akhir pekan bersama keluarga di kolam renang Tirta Sejuk Ciamis.

Tirta Sejuk salah satu destinasi wisata Ciamis yang cocok untuk mengisi libur akhir pekan. Menikmati sejuknya air kolam pemandian yang menyenangkan.

Terletak di Dusun Karanganyar, Desa/Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, obyek wisata ini menjadi pilihan untuk mengisi libur akhir pekan bersama keluarga dengan bermain air menyenangkan.

Obyek wisata ini hanya berjarak hanya 200 meter dari pasar Rancah. Untuk menuju ke lokasi ini kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit perjalanan.

Selain menyajikan kolam pemandian yang sejuk, obyek wisata ini juga sudah lengkapi dengan beberapa fasilitas menarik yang bisa pengunjung nikmati.

Terdapat kolam renang untuk dewasa, dan juga kolam renang khusus anak. Selain itu juga ada kolam terapi ikan dan taman bermain anak.

Harga tiket masuknya pun cukup terjangkau, hanya dengan Rp. 15.000 pengunjung bisa menikmati fasilitas yang ada di obyek wisata ini.

Pengelola wisata Tirta Sejuk Ciamis, H. Ajat mengatakan, obyek wisata ini berdiri sejak tahun 2009. Awal mulanya hanya membuat kolam renang untuk pribadi dan keluarga saja.

Namun, seiring berjalannya waktu banyak warga yang ingin menikmati kokam renang itu dan pihaknya pun bersama keluarga mencoba melakukan penataan dan dikembangkan.

“Awalnya hanya ada satu kolam renang, untuk pribadi. Namun banyak warga yang ingin berenang dan kami pun mencoba untuk kembangkan. Mulai ramainya itu pada tahun 2012,” kata H. Ajat, Minggu (14/11/2021).

Kata H. Ajat, saat ini sudah terdapat 6 kolam renang yang bisa pengunjung nikmati. Selain itu ada juga fasiltas olah raga seperti lapang voli dan futsal.

“Untuk sewa lapang voli dan futsal itu diluar harga tiket masuk. Untuk sewa lajangnya hanya Rp. 60.000,” katanya.

Ia mengungkapkan, pengunjung yang datang ke lokasi wisata ini bukan hanya warga Ciamis saja, banyak juga yang dari luar wilayah Ciamis seperti Kota Banjar, Tasik dan Cilacap.

Wisata ini kata H. Ajat baru buka kembali sejak dua bulan terakhir, karena pandemi COVID-19 kebijakan dari pemerintah adanya penutupan sementara objek wisata.

“Tapi sekarang sudah mulai ada kelonggaran, namun tetap protokol kesehatan kami jalankan sesuai himbauan pemerintah,” tuturnya.

H. Ajat menambahkan, untuk jumlah karyawan sendiri ada sebanyak 12 orang. Masyarakat pun sangat merasakan manfaat adanya obyek wisata ini.

“Memberdayakan juga warga sekitar, ada yang membuat makanan, jual minuman, sehingga harapannya bisa mengangkat ekonomi warga sekitar,” kata H. Ajat.

Artikulli paraprakDiPercaya Pimpin PPKB BRIMOB Jawa Barat, Ini Tujuan Boogie G. Manggala
Artikulli tjetërBupati Herdiat Resmikan Masjid Jami Bani Ro’uf di Purwadadi Ciamis