Beranda Polhukam Lawan Hoax untuk Pemilu Damai, Jadi Tema Diskusi Simulacrum Institute

Lawan Hoax untuk Pemilu Damai, Jadi Tema Diskusi Simulacrum Institute

PASUNDANNEWS.COM, SUKABUMI — Sebagai penggiat kajian dan diskusi, simulacrum insitute kembali menggelar diskusi dengan tema yang diambil pada minggu ini adalah “lawan HOAX untuk pemilu damai” dengan narasumber yang diambil dari beberapa unsur, termasuk dari unsur Mahasiswa yang diwakili oleh Ketua DPC GMNI Sukabumi beserta KPU kab. Sukabumi, Bawaslu kab. Sukabumi dan Polres Kota Sukabumi pada hari jumat tanal 25 januari 2019 bertempat di Cafe rumah mesra, Kota Sukabumi, Jumat (25/1/2019).

Ketua pelaksana diskusi, M Atif Muchlis mengatakan, kenapa mengambil tema diskusi “Lawan Hoax untuk Pemilu Damai” mengingat bahwa tahun ini tahun politik dan masih dalam masa kampanye, sehingga tidak bisa di pungkiri bahwa penyebaran hoax trus berkembang. Sehingga, masyarakat tidak bisa membedakan mana berita hoax mana berita yang valid.

”Mudah-mudahan dengan di ambilnya tema tersebut menjadi satu langkah untuk melawan hoax, demi terwujudnya pemilu yang damai. Terlebih peserta dalam diskusi ini kebanyakan dari kalangan mahasiswa yang identik dengan intelektual dan akademis,” ujar Atif.

Kata ia, maka dapat dipastikan mereka dapat membedakan mana berita hoax dan mana yang benar. Adapun output dari kegiatan ini harapan kami mahasiwa dapat berkerja sama dengan KPU, Bawaslu dan Kepolisian untuk melawan berita hoax.

Salah satu pemateri, Budi Ardiansah selaku Komisoner KPU Kabupaten Sukabumi, dia merespon penuh terkait kegiatan ini. Karena kegiatan ini merupakan salah satu pembelajaran bagi masyarakat bagaimna langkah-langkah strategi melawan hoax dan bagaimana mencari fakta-fakta pembenaran untuk melawan berita hoax tersebut.

”Selain itu juga memperkaya hasanah pengetahuan kepemiluan yang mudah-mudahan akan di sosialisakan terhadap masyarakat umum,” ungkapnya.

Sementara, menurut Abdulah Mashudi selaku ketua DPC GMNI sukabumi terkait acara ini ialah salah satu gebrakan atau inovasi yang luar biasa, bagaimana membuka cakra wala berpikir dan membuka wawasan yang lebih luas lagi.

”Terlebih tema ini sangatlah hangat di bicarakan karena menyongsong pesta demokrasi 2019,” tuturnta.

Kasabag Humas Polres Kota Sukabumi Ana Ratnadewi disela diskusi berlangsung mengatakan kegiatan semacam itu baru pertamakali Kepolisian diundang dalam diskusi mingguan. “Alhamdulillah dapat bersilaturahmi dan berdiskusi dengan rekan-rekan mahasiswa. Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini,” pungkasnya.

Reporter : Saepul Ramdani