Sekretarus Daerah (Sekda) Kabupaten Ciamis. Dr. H. Tatang, M.Pd. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten melalui Badan Promosi Pariwisata Daerah (BP2D) melaunching Calendar Of Event Ciamis 2023.

Hal tersebut sebagai salah satu upaya untuk mendongkrak dan meningkatkan kunjungan wisata Kabupaten Ciamis.

Secara simbolis, acara launching dengan membunyikan sirine secara bersama-sama oleh Seda Ciamis, H. Tatang bersama jajaran Forkopimda Ciamis bertempat di Aula Disdik Ciamis, pada Jum’at malam (10/2/2023).

Diketahui bahwa acara peluncuran Calendar of Event Ciamis 2023 ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat.

Terutama mengenai pelaksanaan event baik itu sosial, ekonomi, budaya maupun pariwisata.

Sehingga harapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan pariwisata Kabupaten Ciamis.

Mewakili Bupati Ciamis, H Tatang dalam sambutannya menyampaikan bahwa sektor pariwisata memliliki peran penting dalam pertumbuha ekonomi kreatif.

H Tatang mengungkapkan, selama masa pandemi, pariwisata merupakan sektor yang paling terdampak.

“Berbagai aktivitas pariwisata seperti event pertemuan, pameran, pagelaran seni budaya, konser tidak bisa laksanakan sebagaimana mestinya,” ungkapnya.

Ciamis Miliki Banyak Potensi Wisata

Sementara itu, Tatang mengatakan bahwa Kabupaten Ciamis dianugerahidl dengan kekayaan alam, budaya serta tradisi masyarakat yang luar biasa.

Hal itu menurutnya sebagai salah satu aset yang tak ternilai dan harus lestarikan dan kembangkan.

Segala potensi dari pesona alam yang Ciamis miliki tentunya harus iringi upaya untuk menggugah minat wisatawan untuk dapat berkunjung dan menikmati berbagai keindahan destinasi wisata.

Yaitu salah satunya dengan launching calendar of event Ciamis sebagai strategi pemasaran dalam menggugah minat para wisatawan untuk berkunjung ke Ciamis.

Menurutnya, calendar of event ini semacam navigasi yang akan mengarahkan wisatawan dalam merencanakan kegiatan perjalanan wisatanya.

Oleh karena itu, event-event yang disuguhkan merupakan event yang berkualitas dalam pelaksanaannya sehingga berdampak positif bagi peningkatan ekonomi masyarakat.

“Karena event yang ada pada kalender ini merupakan event yang mempunyai potensi dan karakter yang kuat dan unik dan mempunyai nilai jual,” jelasnya.

Pariwisata dan Budaya Kabupaten Ciamis

Sementara itu, Kepala BP2D Ciamis Endang Haris Juanda mengatakan penyelenggaraan event seni budaya dan pariwisata yang tumbuh dan berkembang di Ciamis merupakan aset yang tak ternilai.

“Apabila kelola dengan baik akan memberikan dampak besar dalam mendongkrak arus wisatawan, berdampak pada meningkatnya pertumbuhan ekonomi serta memajukan kebudayaan,” katanya.

Ia mengatakan, bahwa penyusunan kalender event ini sangat berguna untuk memberikan informasi.

“Memberikan informasi sekaligus mempromosikan berbagai event pada wisatawan,” tandasnya.

*Kalender Event di Ciamis tahun 2023*

Bulan Januari ada event Nyalin dan Pasanggiri Mojang Jajaka Tahun 2022. Februari event Kirab Budaya dan Grass Track.

lanjut dengan Ciungwanara Adventure Rafting, Cidolog Art Festival and Culture, Merlawu dan Ngikis Karangkamulyan.

Lalu bulan Maret event Nyekar, Mieling Ngadegna Galuh, Ngikis Singaperbangsa dan Nyepuh.

Bulan April ada event Sanduk. Sementara bulan Mei ada event Bedol Kuluwung Situ Rancabala (Bekula).

Bulan Juni event Galuh Ethnic Carnival, Pesona Galuh Nagari (Ngarak Pataka), Festival Ternak dan Ikan kemudian ditutup dengan Hari Krida Pertanian.

Bulan Juli event Binojakrama Padalangan, Hajat Bumi Cariu dan Pesta Wangi Situ Wangi.

Bulan Agustus ada event Ngangon Bareng Rajadesa, Nyuguh, Festival Bebegig Sukamantri, Festival Layang Lakbok dan Festival Kopi Rajadesa.

Bulan September ada event Jamasan Jambansari, Merlawu Gandoang, Gong Perdamaian Dunia, Panjalu Festival dan Syekh Abdul Wajah.

Bulan Oktober ada event Wanaspace Music in Forest dan Nyangku. November, event Offroad Indonesia Challenge Sukamantri dan Pameran Bonsai. Akhir tahun, bulan Desember ditutup dengan event Nyiar Lumar dan Trail Adventure. (Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakGP Kwarran Kecamatan Pamarican Gelar Latgaran tahun 2023
Artikulli tjetërBawaslu Ciamis Lanjutkan Persidangan dengan Pengawasan Ketat Aparat, KPU Nilai Pelapor Keliru