(Foto/Istimewa)

PASUNDANNEWS.COM, CIAMIS – Kepala pelaksana harian Badan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis meninjau lokasi rawan bencana alam di Dusun Cimulya Desa Patakaharja Kecamatan Rancah, Senin (16/12/2019).

Kepala BPBD Ciamis, Drs. Soekiman mengatakan, peninjauan tersebut dilakukan sebagai langkah awal diteksi dini bencana.

“Saat ini cuaca sedang masuk musim hujan dengan intesitasnya yang tinggi. Kami berusaha melakukan diteksi dini sebagai langkah kesiapsiagaan terhadap bencana alam” Katanya

Menurut Soekiman, Dusun Cimulya Desa Patakaharja yang posisinya berada didataran tinggi merupakan salah satu wilayah yang rawan terjadi longsor, karena lokasinya tebing.

“Lokasinya tebing, terlihat sangat rawan bencana longsor terjadi, dan dibawahnya terdapat pemukiman warga, ada 80 KK dan 230 jiwa dan ini sangat membahayakan” Ucapnya

Ia menjelaskan, BPBD telah melakukan diteksi dini rawan bencana dan menyampaikan sosialisasi waspada bencana kepada masyarakat, serta melakukan koordinasi dengan instansi terkait yang terintegrasi tanggap bencana.

“Menyampaikan kewaspadaan bersama-bersama terkait bencana kepada warga masyarakat, selain itu juga kami secara organisasi telah melakukan koordinasi dengan instansi terkait, seperti TNI, Polri dan Dinas Sosial untuk bekerja sama jika terjadi hal yang tidak diinginkan”Jelasnya.

Secara intensif, Soekiman menambahkan, akan terus melakukan peninjauan dan pendataan disemua wilayah yang berpotensi terjadi bencana.

“Tidak hanya dilokasi ini, Kami juga akan terus melakukan peninjauan dan pendataan di semua wilayah yang berpotensi bancana” Pungkasnya.

Artikulli paraprakKreatif, Bumdes Brajamusti Ubah Kotoran Sapi Jadi Pupuk Kompos
Artikulli tjetërKritik Penghargaan Colosseum, KNPI Tuntut Pemprov DKI Cabut Izin Usaha Diskotek dan Hotel Yang Terlibat Peredaran Narkoba