Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hartkitnas Tingkat Kabupaten Ciamis Tahun 2022. Foto/Ptokopim Setda Kabupaten Ciamis.

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Pemkab Ciamis menggelar upacara peringatan Harkitnas (Hari Kebangkitan Nasional) ke 114 tahun 2022 tingkat Kabupaten Ciamis.

Pemkab (Pemerintah Kabupaten) bersama unsur TNI POLRI melaksanakan upacara tersebut bertempat di Halaman Pendopo, Jum’at (20/05/2022).

Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra bertindak sebagai Inspektur upacara mewakili Bupati Ciamis Herdiat Sunarya yang berhalangan hadir.

Yana membacakan sambutan dari Menteri Komunikasi dan Informatika Johny G. Plate, dalam upacara peringatan Harkitnas tersebut.

Guna menghadapi masyarakat Indonesia untuk bisa Bangkit Bersama dari Pandemi Covid 19 yang sudah melanda selama 2 tahun terakhir, Yana menyampaikan tema hari kebangkitan nasional “Ayo Bangkit Bersama”.

“Ditetapkannya Hari Kebangkitan Nasional pada tanggal 20 Mei 1948 oleh presiden Soekarno. Bertepatan dengan lahirnya Perkumpulan Boedi Utomo sebagai hari bangkitnya nasionalisme Indonesia,” ucapnya.

Di mana pada saat itu terdapat ancaman perpecahan antar golongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia.

“Boedi Utomo lahir untuk mengejar ketertinggalan bangsa Indonesia dari bangsa-bangsa lain. Menyatukan pergerakan Indonesia dari yang bersifat kedaerahan menjadi nasional dengan tujuan akhir kemerdekaan,” terangnya.

Meneladani Boedi Utomo

Yana menuturkan tujuan didirikannya Boedi Utomo yang tercetus dalam Kongres pertamanya ialah untuk menjamin kehidupan sebagai bangsa yang terhormat.

“Boedi Utomo fokus pergerakan di bidang pendidikan pengajaran dan kebudayaan,” ungkapnya.

Menurutnya, Boedi Utomo telah meletakkan 3 cita-cita bagi kebangkitan nasional yakni kemerdekaan cita-cita kemanusiaan memajukan nusa dan bangsa.

“Serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia,” tuturnya.

Menurutnya, semangat Boedi Utomo masih relevan untuk diwujudkan pada kehidupan berbangsa saat ini.

Di tengah krisis pandemi covid 19 dan konflik Ukraina – Rusia yang menyebabkan kondisi ekonomi global serta geopolitik menjadi tidak stabil

“Mari terus kita bekerja keras dan bersinergi menjaga mempertahankan dan meningkatkan perekonomian nasional Indonesia,” ajaknya.

Selanjutnya, Wabup menuturkan bawa momentum hari kebangkitan nasional ini juga makin diperkuat dengan Peran Indonesia sebagai presidensi G20 tahun 2022.

“Pertemuan G20 yang dipimpin oleh Indonesia tahun ini mengusung 3 isu prioritas. Yaitu arsitektur Kesehatan Global yang inklusif transformasi berbasis digital dan transisi energi berkelanjutan,” tuturnya.

Tema dan isi prioritas G20, tambah Yana, yang diangkat merupakan cerminan dari semangat kebangkitan yang kita rayakan pada hari ini. (Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakBupati Ciamis Lantik 78 Kepala Desa Terpilih
Artikulli tjetërRamai Karena PMK, Tiga Kambing Warga Ciamis Mati