Foto/Istimewa.

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Ramainya PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) sebabkan kekhawatiran bagi para peternak di Kabupaten Ciamis.

Apalagi, di tengah berkembangnya kabar tersebut, tiga ekor indukan kambing di Kabupaten Ciamis mati.

Sebagaimana melansir laman Harapan Rakyat, Sabtu (21/5/2022), alasannya diduga akibat terjangkit penyakit lumpuh, bukan karena PMK.

Kambing tersebut merupakan milik Apih Omang. Seorang peternak kambing warga Dusun Kalangon, Desa Sindanglaya, Kecamatan Sukamantri.

Apih Omang mengatakan, dalam tiga bulan terakhir ini ternak kambing miliknya terjangkit penyakit lumpuh.

Berbagai upaya pengobatan telah ia lakukan, namun tidak membuahkan hasil.

Sehingga tiga ekor indukan kambing miliknya mati, menurur Apih, penyakit yang menyerang pada ternak miliknya itu semakin menjadi-jadi.

Bahkan saat ini ada tiga ekor anak kambing terjangkit penyakit flu, batuk dan mata berair.

“Terjangkit penyakit lumpuh maupun flu batuk yang terjadi pada ternak kambing itu belum bisa dipastikan akan sembuh kembali,” kata Apih Omang kepada media, Kamis (19/5/2022).

Menurutnya, walaupun pengobatan ia lakukan terus, tapi tidak menutup kemungkinan akan mengalami hal yang sama. Seperti halnya ketiga ekor indukan tersebut.

Untuk diketahui, meski secara kasat mata ternak kambing hanya terjangkit penyakit flu batuk dan mata berair, namun Apih Omang belum bisa memastikan penyebab terjadinya kelumpuhan hingga menimbulkan kematian.

“Begitu juga cara pengobatannya untuk ketiga ekor anaknya yang terjangkit penyakit flu batuk dan mata berair itu,” tandasnya. (Hedri/PasundanNews.com)

Artikel sebelumyaGelar Upacara Peringatan Harkitnas 2022, Wabup Ciamis: Rawat Cita-cita Kebangkitan
Artikel berikutnyaBeasiswa Akan Kembali Diberikan Oleh SBM ITB Kepada Jurnalis