Dedi Mulyadi
Petugas membersihkan tumpukan sampah di Subang (Poto: Bandungnews)

Subang, Pasundannews – Tumpukan sampah yang memenuhi salah satu pasar di Subang, Jawa Barat membuat Anggota DPR RI Dedi Mulyadi terkejut.

Pasalnya Politikus Partai Golkar saat itu akan menyantap jajanan bakso yang menjadi tempat langganannya ketika pergi ke Subang.

Banyaknya tumpukan sampah tersebut membuat Dedi tergerak untuk membersihkankannya. Benar saja puluhan armada truk pengangkut sampah di terjunkan ke Kabupaten Subang.

Aksi tersebut di lakukannya sebagai bentuk kepedulian Dedi Mulyadi terhadap kampung kelahirannya Kabupaten Subang.

“Tadinya kan mau keliling cari bakso. Nah di tempat langganan saya makan bakso enggak biasanya banyak lalat. Ternyata di dekat situ ada tumpukan sampah yang sudah tinggi,” ungkap Dedi Mulyadi, Minggu (30/5).

Dedi Mulyadi mengungkapkan, diri merasa terpanggil untuk membantu bersihkan sampai yang menumpuk. Terlebih Dedi kini duduk sebagai pimpinan Komisi IV yang mengurusi masalah lingkungan.

“Tadi saya kerahkan 10 armada truk sampah. Saya dibantu teman-teman saya yang ada di Lembur Pakuan Sukadaya untuk bersihkan sampah. Ini bagian partisipasi saya sebagai masyarakat yang berasal dari Subang dan Komisi IV DPR RI,” jelasnya.

Dia memastikan telah berkoordinasi dengan Pemkab Subang untuk membantu membersihkan tumpukan sampah tersebut. Dia juga menduga pemerintah setempat kekurangan armada sehingga membutuhkan waktu untuk membersihkan seluruh sampah.

Tidak hanya itu jarak tempuh dari titik sampah ke TPA Panembongan juga cukup jauh sehingga membutuhkan waktu dalam proses pembersihan.

“Tapi permasalahan utamanya saya kurang tahu juga. Kalua analisis saya kekurangan armada berarti kekurangan anggaran,” jelasnya.

*Hendra*

Artikulli paraprakUu: Pendidikan Karakter Kunci Wujudkan Indonesia Emas 2024
Artikulli tjetërLagi-lagi! Ruas Jalan Cibaduyut Terendam Banjir