Pegawai Honorer Pemprov Jabar belum terima THR
Gedung Sate (Instagram/Dudisugandi)

PASUNDANNEWS – Beberapa pegawai honorer ataupun non ASN di lingkup Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) keluhkan sebab tunjangan hari raya (THR) yang biasa di terima jelang perayaan Lebaran belum pula di dapat.

Sementara itu umumnya THR lebaran 2021 biasanya akan cair 7 hari saat sebelum Idul Fitri.

Pada dasarnya, pengaturan mengenai pekerja secara umum di atur dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan “UU Ketenagakerjaan”. Pengusaha wajib memberikan THR Keagamaan kepada pekerja/buruh yang telah mempunyai masa kerja 1 (satu) bulan secara terus menerus atau lebih.

Hal ini berbanding terbalik dengan pegawai honorer lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Ya kalo pegawai perusahaan mungkin udah dapat THR ini kita masih nunggu belum ada kejelasan,” Ujar BC salah satu pegawai honorer di lingkungan Pemprov Jawa Barat.

“Tahun-tahun tadinya H-7 telah cair THR buat satu kali pendapatan. Kabarnya masih tunggu Kepgub (keputusan gubernur), masa sih gunakan itu,” ucap UH, salah satu pegawai honorer di Pemprov Jabar, seperti di lansir dari ID Times Jabar, Senin (9/5).

1. Adanya THR dalam Kontrak kerja

Selain itu, dalam kontrak kerja telah di paparkan kalau ia akan menerima tunjangan keagamaan sebesar satu kali pendapatan bulanan. Serta sampai tahun kemarin tunjangan ini masih mudah tidak terdapat permasalahan semacam tahun ini.

Keadaan ini menyesakkan UH karena ia sesungguhnya telah mempersiapkan dana tersebut jelang perayaan Lebaran. Terlebih ia merasa kerja yang di coba lebih lama tiap harinya di banding ASN yang terdaftar di pemerintah.

“Sabtu-Minggu kadangkala masih terdapat tugas. Memanglah ini telah kewajiban jadi aku gak permasalahan. Tetapi tolong hak cocok kontrak pula di cermati,” ucapnya.

2. Belum terdapat kejelasan dari dinas tempat bekerja

Ia telah coba mencari data ke sesama honorer di dinas lain, nyatanya memanglah sama kondisinya semacam ini. Sehabis coba mencari kepastian kepada pimpinan di dinas terpaut, mereka masih menunggu hingga kepastian esok, Senin( 10/ 5/ 2021).

“Di tempat aku bekerja lebih dari 100 honorer belum menemukan THR, serta seluruh masih menunggu kepastian ini

3. Keadaan honorer di dinas lain pula serupa

Baginya, beberapa pegawai honorer di dinas lain semacam dinas kesehatan pula belum bisa pencairan THR. Seseorang temannya meringik telah sangat berharap menemukan THR tersebut buat bermacam keperluan.

Dengan pendapatan honorarium yang tidak begitu besar, jelang Lebaran ini hingga THR sangat dinanti.” Terdapat sahabat di dinas area hidup( DLH) pula informasinya sama belum cair,” kata dia

(Bs)

Artikel telah tayang juga di jabar.idntimes.com dengan judul, “H-4 Lebaran, Pegawai Honorer Pemprov Jabar Belum Terima Uang THR” 

Artikulli paraprakBupati Herdiat Berikan Bantuan Tunai untuk Rumah Tak Layak Huni di Kawali
Artikulli tjetërBKSS Bandung Barat Gelar Baksos Ramadhan