Manfaat Bawang Putih
Bawang Putih (Pixabay/Steve Buissinne)

PASUNDANNEWS – Manfaat Bawang putih mungkin tidak semua orang mengetahuinya. Karena tanpa bawang putih mungkin masakan terasa ada yang kurang.

Biasanya bawang putih selalu berdampingan dengan bawang merah, karena memang keduanya selalu tersedia di dapur.

Tapi perlu Anda ketahui bahwa bawang putih bukan hanya sekedar bumbu dapur saja. Bawang putih selain bumbu dapur juga bisa di manfaatkan untuk pengobatan tradisional, terutama berkenaan dengan jantung dan sistem darah.

Salah satu contohnya tekanan darah tinggi, kadar kolesterol tinggi, hingga pengerasan pembuluh darah.

Seperti di kutip Medical News Today. Sejak 5000 tahun yang lalu, sejak zaman pembangunan piramida Giza di Mesir, bawang sudah di gunakan manusia sebagai bahan penyedap makanan.

Berdasarkan laporan Hippocrates seorang Bapak kedokteran barat. Sejak 460-370 sebelum masehi, bawang telah di gunakan masyarakat.

Tersebarnya info penggunaan bawang putih untuk kesehatan, melalui bangsa penjajah seperti Prancis, Spanyol dan Portugis.

Berikut kami rangkum beberapa manfaat bawang putih untu kesehatan:

1. Sebagai antibiotik alami

Bawang putih bisa di gunakan untuk mencegah infeksi karena kandungan antimikroba yang mampu memerangi berbagai jenis bakteri maupun jamur yang merugikan bagi tubuh manusia.

2. Melindungi jantung

Selain itu bawang putih bisa memberikan efek perlindungan bagi kesehatan jantung. Selain itu bawang dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh karena sifat anti-oksidan dari zat alicin yang terkandung dalam bawang putih.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat lainnya untuk meningkat daya tahan tubuh karena memiliki kandungan antiinflamasi dan antioksidan. Berdasarkan penelitian, bahwa bawang putih mampu melawan gejala flu dan batuk.

Selain itu, rempah untuk daya tahan tubuh ini juga bisa memproduksi sel imun untuk melawan infeksi virus dan bakteri

4. menurunkan tekanan darah tinggi

Selain itu bawang putih juga mengandung senyawa nitrit oksida dan allicin yang bermanfaat untuk merelaksasi otot pembuluh darah, dan berperan sebagai antioksidan.

Selain itu, Kandungan Allicin dalam bawang juga menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Hal ini akan berkontribusi dalam menurunkan tekanan darah

5. mengatasi kolesterol tinggi

Penelitian yang pernah di lakukan terhadap manfaat bawang bahwa bawang putih dan perasan lemon dapat menurunkan kadar kolesterol (Low-density Lipoprotein) LDL. Sering juga sebagai kolesterol jahat, fibrinogen, dan tekanan darah pada penderita kolesterol tinggi.

6. mengurangi resiko bayi lahir premature

Berdasarkan laporan Sahlgrenska University Hospital di Gothenburg, Swedia melakukan survei kepada 20.000 wanita hamil tentang pola makan selama masa kehamilan. peneliti berkesimpulan ada empat persen kehamilan tersebut berakhir dengan bayi yang lahir prematur.

Dengan begitu, ketika peneliti menemukan wanita yang mengonsumsi bawang putih di masa awal kehamilan maka menemukanm adanya penurunan risiko melahirkan prematur hingga 30 persen.

Tak hanya itu, di sebutkan juga bahwa buah kering seperti kismis dapat menghasilkan efek yang sama dengan bawang ketika di konsumsi menjelang kelahiran.

(Yul)

Artikulli paraprakPolresta Bandung Libatkan 1.300 Personil Pada Operasi Ketupat Lodaya 2021
Artikulli tjetërAsik!!, Teras Cihampelas Bakal Aktif Lagi Pekan Ini