Uban
Rambut Uban (Pixabay/Lisa Redfern)

PASUNDANNEWS.COM – Rambut putih ataupun uban umumnya timbul di kala umur sudah tua. Tetapi, saat ini banyak orang umur muda telah timbul uban. Kenali pemicunya di umur muda.

Pergantian warna rambut dari warna aslinya jadi abu-abu ataupun putih sesungguhnya lumayan natural. Di kutip dari Healthline, badan mempunyai folikel rambut. Folikel ini berbentuk kantung kecil yang menyelimuti sel kulit.

Di dalam folikel, ada sel melamin bernama pigmen yang dapat membagikan warna pada rambut. Bersamaan bertambahnya umur serta pergantian keadaan badan, folikel dapat kehabisan melamin. Sehingga, rambut jadi memutih ataupun beruban.

Rambut putih sudah ciri penuaan. Tetapi, hal itu sesungguhnya dapat muncul di umur berapa pun.

Apalagi saat kamu masih duduk di bangku sekolah menengah ataupun kuliah. Berikut sebagian pemicu uban berkembang di usia muda:

1. Genetika

Pemicu uban berkembang di umur muda yang pertama yakni aspek genetika. Aspek genetika ataupun generasi memainkan kedudukan yang besar terpaut perkembangan uban.

Bila kamu mempunyai orangtua ataupun saudara yang ubanan di umur muda, besar mungkin rambut kamu pula memutih lebih kilat di banding sebaya yang lain.

2. Dampak bahan kimia pada produk perawatan rambut

Pemicu uban berkembang di umur muda yang kedua merupakan bahan kimia. Mengutip Medical News Today, paparan beberapa bahan kimia dalam produk perawatan rambut semacam sampo hingga perona rambut bisa merangsang uban berkembang lebih dini.

Salah satu bahan kimia yang dapat mengganggu rambut merupakan hidrogen peroksida. Bahan kimia ini apabila digunakan secara kelewatan dapat kurangi penciptaan pigmen, sehingga rambut putih dapat timbul di umur muda.

3. Kekurangan vit B- 12

Pemicu uban berkembang di umur muda yang ketiga merupakan sebab badan kekurangan vit B- 12. Uban pada anak muda ataupun rambut putih di umur muda pula dapat diakibatkan kekurangan vit B- 12.

Vit ini memainkan kedudukan berarti dalam badan, tercantum membagikan pasokan tenaga serta mendukung perkembangan rambut yang sehat. Kekurangan vit B- 12 bisa menimbulkan badan hadapi anemia pernisiosa.

Dampaknya, penciptaan sel darah merah yang bertugas bawa oksigen ke segala badan, tercantum ke sel rambut jadi terhambat. Minimnya konsumsi oksigen ke rambut bisa melemahkan sel rambut serta kurangi penciptaan pigmen biang ubanan.

4. Stres

Pemicu berkembang di umur muda yang keempat merupakan tekanan pikiran. Tekanan pikiran merupakan keniscayaan untuk tiap orang. Siapa saja terdapat kalanya mengalami tekanan pikiran.

Akibat tekanan pikiran dapat menimbulkan seorang jadi sulit tidur, risau, nafsu makan tersendat, serta membuat tekanan darah jadi naik. Tidak hanya itu, tekanan pikiran nyatanya pula dapat jadi pemicu uban di umur muda.

Riset pada 2013 menciptakan, tekanan pikiran bisa merangsang penipisan sel induk di folikel rambut tikus. Riset yang diterbitkan di Nature Medicine pula mengatakan, tekanan pikiran bisa menghabiskan zat pemberi warna pada rambut.

5. Penyakit autoimun

Pemicu uban berkembang di umur muda yang kelima merupakan penyakit autoimun. Tidak hanya aspek style hidup serta generasi, penyakit autoimun dapat jadi pemicu uban di umur muda.

Kendala kesehatan ini timbul di kala sistem energi tahan badan berputar melanda sel badan. Dalam permasalahan autoimun alopecia serta vitiligo, sistem imunitas badan bisa melanda rambut serta menimbulkan hilangnya melamin perona rambut.

6. Kendala kelenjar tiroid

Pemicu uban berkembang di umur muda yang keenam merupakan kendala kelenjar tiroid. Kendala kelenjar tiroid yang sangat aktif( hipertiroid) ataupun kurang aktif( hipotiroid) pula bisa menimbulkan rambut putih berkembang di umur muda.

Tiroid merupakan kelenjar berupa kupu- kupu, yang terletak di pangkal leher. Kelenjar ini mengatur banyak guna badan, paling utama metabolisme hingga mengendalikan warna rambut. Kelenjar tiroid yang sangat aktif ataupun kurang aktif menimbulkan penciptaan pigmen( perona rambut) menurun.

7. Rokok

Pemicu uban berkembang di umur muda yang ketujuh merupakan rokok. Bersumber pada riset terpercaya, kerutinan merokok bisa merangsang tumbuhnya uban saat sebelum umur 30 tahun.

Paparan rokok bisa menimbulkan pembuluh darah menyempit hingga mempengaruhi aliran darah ke folikel rambut. Tidak cuma merangsang uban, dampak jangka panjang paparan rokok pula dapat beresiko untuk kesehatan jantung hingga paru- paru.

Seperti itu bermacam- macam pemicu uban dikala umur muda. Kecuali aspek genetik serta kendala kelenjar tiroid, pemicu uban di umur muda nyatanya dapat dikendalikan.

Buat menghindari uban berkembang di umur muda, coba terapkan pola makan bergizi lengkap serta balance, setop merokok, jauhi paparan bahan kimia kelewatan pada rambut, serta kendalikan tekanan pikiran.

Artikel ini telah tayang di Kontan dengan judul “7 Penyebab Uban Tumbuh di Usia Muda”,

Kontributor: Agus Sophanudin

Artikulli paraprakSitus Rumah Tertua Usia 2 Juta Tahun di Temukan di Afrika
Artikulli tjetërUlama Kongo Syekh Ali Amini, Ditembak Mati saat Shalat Isya