Syekh Ali Amini
Ilustrasi Penembakan Syekh Ali Amini (Pixabay/Rudy and Peter Skitterians)

PASUNDANNEWS.COM – Ulama Kongo Syekh Ali Amini adalah ulama senior Muslim di Republik Demokratik Kongo (RD Kongo) timur yang di tembak mati seorang bersenjata saat sholat di masjid utama di Kota Beni.

Laki-laki bersenjata itu menembak Ulama Kongo Syekh Ali Amini sedang sholat Isya pada Sabtu (1/5). Setelah itu pria tersebut melarikan diri, kata seseorang aktivis hak asasi manusia.

Ulama itu merupakan kritikus kokoh militansi Islam di daerah tersebut, kantor berita Reuters melaporkan.

Sebelumnya Kongo Timur sudah di landa ketidakstabilan yang parah. Terhitung beberapa serbuan di klaim oleh kelompok Negera Islam (IS).

Banyak kelompok bersenjata beroperasi di RD Kongo timur, peninggalan konflik yang mencengkeram daerah itu pada 1990- an.

Seperti di kutip dari laporan BBC, pembunuhan ulama Kongo Syekh Ali Amini di bulan Ramadhan sangat mengejutkan Kota Beni, yang berpenduduk sekira 200. 000 jiwa.

Selain itu, bagi aktivis hak asasi manusia di Beni, Stuart Muhindo ini merupakan pembunuhan awal terhadap ulama di kota tersebut.

“Peristiwa terjadi pada jam 19: 15 saat sholat Isya. Tembakan di dalam masjid menimpa imam. Laki-laki bersenjata itu melarikan diri sebab temannya sudah menunggu di luar masjid dengan membawa sepeda motor,” kata Muhindo kepada BBC.

Walaupun tidak jelas siapa di balik serbuan itu, sebagian besar kekerasan di wilayah itu di coba oleh kelompok pemberontak Muslim, Allied Democratic Forces (ADF).

Hubungan Kelompol Allied Democratic Forces (ADF) dengan ISIS

Kelompok teroris ISIS sudah mengklaim sebagian serbuan ADF, namun tidak jelas seberapa kokoh ikatan antara kedua kelompok tersebut.

ADF di bangun lebih dari 20 tahun silam di negera sebelah yakni Uganda. Hal itu buat melawan dugaan diskriminasi terhadap Muslim. Itu pindah ke RD Kongo timur sehabis di usir dari pangkalannya oleh militer Uganda.

Kelompok tersebut sudah tingkatkan serbuan terhadap masyarakat sipil semenjak tentara RD Kongo melancarkan serbuan terhadapnya pada Oktober 2019.

Artikel telah tayang juga di Okezone dengan judul “Ulama Syekh Ali Amini Meninggal Ditembak saat Sholat di Masjid

(Boim)

Artikulli paraprak7 Penyebab Utama Muncul Uban di Usia Muda
Artikulli tjetërViral!!, Video Pria Todongkan Pistol Ke Kurir