5 Minuman Ini Dapat Turunkan Kolesterol, Yuk Cek Apa Aja
5 Minuman Ini Dapat Turunkan Kolesterol, Yuk Cek Apa Aja (Poto: Pixabay)

Pasundannews – Tubuh kita sebenarnya membutuhkan kolesterol. Karena zat ini akan membantu pembentukan sel dan memproduksi sejumlah hormon. Akan tetapi kolesterol yang tinggi akan berpengaruh juga terhadap kesehatan tubuh.

Perlu di ketahui ada dua jenis kolesterol yakni High Density Lipoprotein (HDL) dan Low Density Lipopretin (LDL). Di katakan mengidap kolesterol tinggi jika total kolesterol darah melebihi 240 mg/dl. Yang mana angka tersebut di pengaruhi oleh LDL, HDL, dan trigliserida.

Jika kadar kolesterol dalam tubuh tinggi, ada baiknya kita berhati-hati ya. Dampaknya bisa menyerang jantung, stroke bahkan gangguan sirkulasi darah.

Sebagian orang kadang menggunakan cara yang instan untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Tapi lebh di anjurkan untuk mengonsumsi minuman sehat penurun kolesterol.

Berikut kami rangkum minuman sehat penuruan kolesterol.

1. Teh hijau kaya akan polifenol

Tak hanya segar ya, teh hijau juga membantu menurunkan kolesterol dalam darah. Karen dalam kandungan teh ini terdapat katekin atau senyawa antioksidan tinggi yang di kenal sebagai polifenol.

Berdasarkan hasil penelitian University of Maryland Medical Center. Teh hijau dapat menurunkan kadar LDL serta di percaya bisa menghilangkan lemak yang menyumbat pembuluh darah.

2. Susu kedelai tinggi akan protein

Kandungan yang terdapat dalam susu kedelai kaya akan protein. Selain itu, susu ini di ketahui mengandung lemak jenuh rendah.

Penelitian menunjukkan bahwa, protein pada susu kedelai dapat menurunkan kolesterol LDL sekitar 4–6 % dan meningkatkan HDL sebesar 1–3 %.

Di anjurkan meminum setengah gelas susu kedelai setiap harinya untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Anda bisa juga menambahkannya ke dalam sereal, smoothie, atau oatmeal.

3. Oat milk kaya akan serat

Susu oat juga mengandung lemak jenuh yang rendah. Ada baiknya anda bisa menggantikan produk susu lainnya yang tinggi kandungan lemak.

Seperti di lansir dari Medical News Today, cara menurunkan kadar kolesterol, kita bisa mengonsumsi sekitar 3 gram beta glukan per harinya. Jumlah tersebut dapat menurunkan kolesterol hingga 7%.

4. Jus tomat kaya akan likopen

Di dalam buah tomat terdapat senyawa likopen. Adapun senyawa tersebut di percaya dapat meningkatkan kadar lipid dan mengurangi kadar LDL atau kolesterol jahat.

Selain itu, antioksidan yang terdapat dalam jus tomat mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Karena pada dasarnya, antioksidan dapat membantu mengurangi penyakit inflamasi seperti kanker, alzheimer, stroke, dan penyakit lainnya.

5. Jus Jeruk kaya akan falvonoid

Dalam kandungan jus jeruk terdapat tinggi antioksidan, khususnya flavonoid dan asam askorbat.

Penelitian menunjukkan bahwa, orang yang mengonsumsi jus jeruk dalam jangka waktu yang lama akan menurunkan kadar kolesterol LDL secara drastis.

Tak hanya itu, kadar kolesterol HDL juga meningkat sehingga tekanan darah cenderung lebih stabil.

 

Artikulli paraprakJabar Fokus Vaksinasi Disabilitas, Usai Terima Hibah 121.648 Dosis Vaksin
Artikulli tjetërPemdes Ciomas Salurkan Bansos Beras kepada Warga Terdampak PPKM Darurat