PASUNDAN NEWS – Sekretaris MPR RI fraksi partai Golkar, Ferdiansyah SE., MM menggelar kegiatan dengar pendapat masyarakat, Kamis 30 September 2021.

Kegitan itu melibatkan mahasiswa Persatuan Islam, aliansi umat muslim Garut bersatu, pengurus pesantren dan pedagang kaki lima se-Kabupaten Garut.

Ferdiansyah dalam kesempatan menjadi narasumber menjabarkan pentingnya Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN) sebagai dasar bagi pembangunan nasional.

Hal itu menurutnya sesuai dengan tujuan di bentuknya pemerintah negara Indonesia, sebagaimana tertuang dalam alinea keempat pembukaan UUD Tahun 1945.

Isinya yakni, untuk melindungi seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa. Dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

“Untuk bisa mewujudkan hal tersebut kita harus memiliki haluan dan pedoman bagi pembangunan nasional” ujar Anggota DPR/MPR yang terpilih lima periode tersebut.

Pro dan konta terkait PPHN memang terjadi di kalangan pakar dan akademisi. Sebagian kalangan memandang perlunya ada haluan negara dengan beberapa alasan.

Di antaranya adalah dalam rangka pelaksanaan pembangunan yang berkelanjutan, perlu untuk mengontrol capaian, dan perlu untuk rencana pembangunan nasional yang menyeluruh.

Namun, di sisi lain ada juga pihak yang menganggap perencanaan pembangunan cukup diatur dengan SPPN dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang/Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJPN/RPJMN) serta pendapat bahwa GBHN hanya untuk pertahankan kekuasaan.

(Jay)

Artikel sebelumyaFerdianysah Minta Masyarakat Junjung Tinggi Tata Krama dan Persaudaraan di Acara Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan
Artikel berikutnyaAnggota MPR RI Fraksi Golkar Ferdiansyah Gelar Kegiatan Dengar Pendapat Masyarakat di Garut