Bencana banjir terjadi di wilayah Desa Cihaurbeuti, Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis. Foto/Tangkapan layar

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Seorang penjual gorengan dilaporkan hilang saat banjir melanda Desa Cihaurbeuti, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis. Musibah banjir tersebut terjadi pada Jumat (7/10/2022).

Diketahui, insiden hilangnya penjual gorengan itu terjadi saat kendaraan jenis sepeda motor yang dikendarai korban terseret arus banjir.

Berdasarkan keterangan yang diterima PasundanNews, Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, kendaraan korban tersangkut di jembatan, tetapi penjual gorengan itu diduga terbawa arus banjir.

Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis bersama tim gabungan dari unsur TNI, Polri, Basarnas, instansi terkait, sukarelawan, dan masyarakat masih berupaya mencari korban di sekitar DAS Citanduy.

“Sampai saat ini tim SAR gabungan sedang melakukan pencarian di wilayah sungai Citanduy,” kata Muhari anggota tim Pusdalops BPBD Ciamis, Sabtu (8/10/2022).

Sementara itu, banjir Ciamis terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah tersebut sehingga menyebabkan Sungai Cikalumpang meluap dan menggenangi permukiman warga.

Hasil kaji cepat sementara, empat dusun di Desa Cihaurbeuti terdampak banjir.

Hingga saat ini, kondisi banjir sudah surut dan masyarakat mulai membersihkan rumah mereka.

BNPB mengimbau kepada masyarakat dan pemangku kebijakan di daerah setempat agar tetap waspada.

Serta meningkatkan kesiapsiagaan dari potensi bencana yang dapat dipicu oleh faktor cuaca.

“Apabila terjadi hujan dalam durasi lebih dari satu jam, maka masyarakat yang tinggal di bantaran sungai maupun di lereng tebing agar mengungsi ke tempat yang lebih aman untuk sementara waktu,” tandas Muhari.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakWacanakan Pembinaan Umat, PD Persis Audiensi ke Pemkab Ciamis
Artikulli tjetërDinilai Tak Terpuji Aksi Pamungkas di Atas Panggung Viral di Twitter