Pengukuhan Kepala Sekretariat Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Ciamis. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) Kabupaten Ciamis melakukan pengukuhan dan Pengambilan sumpah/janji Kepala Sekretariat Panwaslu Kecamatan se Kabupaten Ciamis.

Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu tahapan menjelang pemilu serentak tahun 2024 mendatang.

Acara pengukuhan dan pengambilan sumpah/janji kepala sekretariat Panwaslu kecamatan se-Kabupaten Ciamis tersebut disaksikan secara offline dan online dengan berpusat di Aula Hotel Larissa Ciamis, pada Kamis (24/11/2022).

Mewakili Bupati Ciamis, Sekretaris Daerah H. Tatang menghadiri acara tersebut beserta seluruh Camat se Kabupaten Ciamis.

Dalam sambutannya, Tatang menyampaikan setelah ditetapkannya sebagai anggota Panwaslu Kecamatan, solidaritas dan kekompakan menjadi kunci membangun sebuah tim yang kuat.

Selain itu, saling melengkapi, saling membantu dan menjunjung tinggi integritas, bermental kuat dan profesionalitas juga merupakan bagian yang tidak kalah pentingnya.

“Kami yakin dan percaya bapak dan ibu yang dilantik hari ini yang dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten dan tentunya sudah memiliki pengalaman dan pengetahuan dalam penyelenggaraan pemilu,” ucapnya.

Ia berpesan agar Panwaslu Kecamatan yang baru dilantik dapat melakukan koordinasi aktif dengan seluruh stakeholder, serta melakukan identifikasi dan pemetaan terhadap peluang terjadinya pelanggaran pemilu.

Selanjutnya, agar dapat mendidik masyarakat untuk turut dalam melakukan pengawasan pemilu dan melakukan investigasi atas informasi pelanggaran pemilu dan melaporkannya kepada Bawaslu kabupaten.

Menurut Tatang, penyelenggaraan pemilihan umum serentak tahun 2024 memiliki tantangan berbeda dibandingkan dengan pemilu 2019.

Mulai dari aktor politik, relasi antar aktor politik, potensi konflik pada pemilu tentu lebih dekat dengan penyelenggara.

“Oleh sebab itu diperlukan kualitas, integritas dan kredibilitas dari Panwas Kecamatan yang dapat menyelenggarakan pengawasan di tingkat kecamatan,” tegasnya.

Pemerintah Kabupaten Ciamis, tambah Tatang, senantiasa memberikan dukungan secara penuh kepada seluruh anggota Panwaslu Kecamatan dalam mensukseskan pelaksanaan pemilu serentak 2024 mendatang.

“Selamat bertugas, semoga berkah dan membawa kabar baik untuk Kabupaten Ciamis, mari junjung kode etik dan bersikap netral sebagai anggota Panwaslu serta diharapkan bisa bersikap adil dan tidak diskriminatif jika menyelesaikan suatu sengketa yang terjadi dalam penyelenggaraan pesta demokrasi nantinya,” tandasnya. (Herdi/PasundanNews.com)

Artikel sebelumyaPeringati HUT PGRI dan HGN, Sejumlah Guru di Kawali Ciamis Gelar Jalan Sehat
Artikel berikutnyaSaluran Tersumbat, Jalan Kabupaten di Banjarsari Ciamis Tergenang Air