foto: Istimewa

PASUNDANNEWS.COM,BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) menyebut sektor pariwisata akan menjadi wajah baru bagi perekonomian di Jawa Barat. Untuk itu, Pemprov menyiapkan anggaran sebesar Rp 500 miliar guna meningkatkan sektor pariwisata.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengungkapkan, sebanyak 30 titik pariwisata di Jawa Barat akan direnovasi mulai dari danau, air terjun, pantai, hingga wisata kota. Sektor pariwisata, lanjutnya, dinilai realistis untuk dikembangkan karena Jawa Baray memiliki potensi alam dan budaya yang besar.

“Kami sudah putuskan bahwa wajah ekonomi Jabar adalah ekonomi pariwisata. Hampir setengah triliun kami anggarkan tahun ini khusus untuk perbaikan pariwisata,” ungkap Ridwan usai membuka Travel Mart di kampus Sekolah Tinggi Pariwisata, Jalan Setiabudi, Kota Bandung, Rabu (24/04/2019).

Emil sapaan Ridwan Kamil menyebut Indonesia sebagai negara tropis memiliki potensi dan sangat memungkinkan jika ingin menjadi negara pariwisata terindah di dunia. Sebab, geografis Indonesia, termasuk Jawa Barat memiliki takdir alam yang tergolong indah.

“Tinggal peradaban manusianya yang mengolah keindahan ini menjadi kesejahteraan. Inilah alasannya,” kata dia.

Dikatakannya, setelah memasang target Jawa Barat sebagai provinsi wisata Indonesia, terdapat tiga langkah strategis yang telah disiapkan Pemprov Jabar untuk mewujudkan hal tersebut. Pertama, pihaknya akan memperbaiki akses dan infrastruktur menuju daerah berpotensi wisata.

“Jalannya diaspal lagi, infrastruktur lainnya dan promosinya. Kedua, di lokasi pariwisata kita sulap menjadi kualitas berkelas nasional atau dunia,” terangnya.

Ketiga, Pemprov akan menciptakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di daerah strategis pariwisata. Menurutnya, terdapat tujuh daerah yang ditargetkan menjadi KEK, di mana dua lokasi di antaranya telah siap, yalni KEK Pangandaran dan KEK Cikidang di Kabupaten Sukabumi.

“Inilah tiga strategi yang dalam waktu lima tahun akan mengakibatkan pertumbuhan ekonomi meningkat oleh pariwisata,” tuturnya. (iman/tiara)

Artikulli paraprakDinsos dan Pemdes Bantah AL Dianiya dan Disekap
Artikulli tjetërPejabat Subang Mulai Diperiksa Kejati Jabar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini