Melalui OPAC, Pemkot Sukabumi Tingkat Literasi Masyarakat Ditengah Pandemi
(Poto Ilustrasi/Pixabay) Melalui OPAC, Pemkot Sukabumi Tingkat Literasi Masyarakat Ditengah Pandemi

Sukabumi, Pasundannews – Situasi Pandemi Covid-19 membuat masyarakat terbatas dalam berativitas, hal itu tentunya agar bisa menekan penyebaran Covid-19. Agar masyarakat bisa terus meningkatkan literasinya, Pemerintah Kota Sukabumi terus mencari cara supaya kegiatan literasi tetap berjalan di tengah Pandemi.

Walaupun di saat ini masyarakat tidak dapat menikmati perpustakaan umum dengan membaca buku di tempat. Akan tetapi terdapat strategi lain yang di lakukan Dinas Perpustakaan serta Arsip Daerah.

Menurut pustakawan Ahli Utama Dinas Perpustakaan serta Arsip Daerah Kota Sukabumi Nicke Siti Rahayu. Saat ini pihaknya sudah menerapkan sistem Online Publick Acces Catalog ataupun OPAC.

“Dahulu katalog berbentuk kartu, saat ini gunakan sistem,” kata Nicke, Jumat, (18/6/2021).

Nicke mengatakan, Perpustakaan di Kota Sukabumi tersedia 2 komputer yang dapat di gunakan buat menelusuri bahan bacaan lewat OPAC.

“InsyaAllah kedepannya nanti bisa melalui aplikasi lewat Android,” kata Nicke.

Selain itu, Nikce menjelaskan mekanisme peminjaman melalui OPAC. Ketika buku yang akan di pinjam berhasil di dapatkan. Maka proses selanjutnya tinggal menkonfirmasi ke pihak pengelola perpustakaan.

“Informasi keanggotaam tinggal di-input, jadi jika pinjam tinggal barcode kartu anggota,” tambahnya.

Di tengah Pandemi Covid- 19, Nicke pula mengajak warga supaya mengisi waktu dengan kegiatan literasi lewat platform digital yang positif. Karena sisi lain dari pandemi merupakan hadirnya tuntutan buat memperkaya ilmu teknologi data.

“Sebab, kita bakal tertinggal bila kita tidak ingin belajar,” kata Nicke.

Artikel sebelumyaDinas PRKPLH Ciamis Serahkan Hadiah Motor Roda Tiga ke Bank Sampah Compas
Artikel berikutnyaDua Pesta Nikah Dihentikan Satgas Covid-19 Sukabumi, Lantaran Langgar Prokes