Kandungan Vitamin C
Sayur-sayuran (Pixabay/ Jerzy Górecki)

PASUNDANNEWSVitamin C merupakan salah satu nutrisi berarti yang di perlukan oleh tubuh buat tingkatkan imunitas. Namun vitamin tipe ini gampang rusak bila mengolahnya tidak benar.

Dokter spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Inge Permadhi berkata Vit C mempunyai manfaat yang sangat berarti untuk tubuh.

Tetapi di balik khasiatnya yang bermacam- macam, Vit C nyatanya mempunyai watak larut dalam air serta gampang rusak.

Vitamin C merupakan sesuatu vit yang larut air, maksudnya ia akan di bawa bersirkulasi di dalam darah. Begitu di makan hendak turut terbawa dalam perputaran serta di keluarkan melalui urine,” ucap Inge, semacam di lansir dari CnnIndonesia.

Umumnya, Vit C banyak di temui pada buah serta sayur-mayur berdaun hijau tua. Tetapi, apabila di simpan di temperatur yang sangat panas, maka vitaminnya akan lenyap.

“Buah buahan, sayur-mayur jika di masak di panas belebihan, vit C- nya akan rusak. Waktu penyimpanan yang lama pula akan ikut merusak Vitamin,” kata Inge.

Tidak cuma pada proses penyimpanan, mencerna sayur-mayur dengan metode yang tidak pas semacam memotong sangat kecil. Memasak dengan temperatur yang panas serta merendam di air akan membuat vit C rusak.

“Waktu pengolahan sayur-mayur di rajang, di masukkan ke dalam air ia akan lenyap. Waktu di masak gunakan api panas rusak, jadi banyak aspek yang bikin cepat rusak,” kata Inge.

“Saat jeruk di peras, vit C-nya bisa teroksidasi dengan mudah, sebab ia zat gizi yang labil serta gampang rusak. Apa dampaknya jika minum juice jeruk?. Kesimpulannya yang di minum cuma air jeruk saja tanpa terdapat isi vit C- nya,” imbuh Inge.

Oleh sebab itu, ia menganjurkan agar mengelola sayur tanpa banyak proses. Bila di rasa kecukupan vit C-nya masih kurang, dapat di tambah dengan konsumsi suplemen.

Editor: Sanjaya

Artikulli paraprakIni yang Disampaikan Bupati Ciamis pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD
Artikulli tjetër3 Buah Pereda Penyakit Asam Urat, Apa Aja?