Memperingati HUT (Hari Ulang Tahun) Republik Indonesia ke-78, Bikers Brotherhood 1% MC West Java Chapter menggelar roadshow se-Jawa Barat. Foto/Istimewa

PASUNDANNEWS.COM – Dalam rangka memperingati HUT (Hari Ulang Tahun) Republik Indonesia ke-78 tahun Bikers Brotherhood 1% MC West Java Chapter adakan roadshow se-Jawa Barat.

Kegiatan tersebut nantinya akan digelar sejauh seribu kilo meter untuk menjelajahi wilayah Jawa Barat.

Roadshow ini merupakan rangkaian dari event yang akan digelar pada 16-20 Agustus 2023.

Bernama ‘Ride and Camp’, roadshow ini mengangkat tema ‘Red and White Road to Perfect Soul’.

Vice President Bikers Brotherhood 1% MC West Java Chapter Adi Ochund Jd mengatakan, pada ride and camp tahun ini pihaknya akan menggelar beberapa rangkaian.

“Kegiatannya itu bercerita mengenai ridding bersama, sosial kemanusian bersama masyarakat setempat, berkemah bersama,” katanya, Selasa (15/8/2023).

Lalu, kata Adi, keesokan harinya bersiap melaksanakan prosesi penghormatan bendera Sang Saka Merah Putih.

“Kita akhiri dengan roadshow kurang lebih seribu kilo meter, hitungan jaraknya dari titik keberangkatan untuk menjelajah Jawa Barat,” tutur Adi.

Adi menyebutkan peralihan tanggal 15-16 malam akan menjadi saksi keberangkatan kelompok anak muda generasi penerus bangsa Indonesia.

Start Roadshow darj Sekretariat Menuju Situ Janawi Majalengka

Untuk startnya, imbuh Adi, yaitu mulai dari sekretariat Bikers Brotherhood West Java Chapter di Jl. Pajajaran no 42 Bandung.

“Rombongan akan saya pimpin bersama Field Commander West Java menuju Situ Janawi Desa Payung Kecamatan Raja Galuh Kabupaten Majalengka,” ucapnya.

Kegiatan pun akan gelar bersama masyarakat setempat dalam mengeringkan situ untuk ditangkap tanpa memakai alat. Tradisi ini disebut ‘Marak’ oleh masyarakat setempat.

“Hasil tangkapan ikannya dapat bawa ke rumah masing-masing. Sebuah produk kearifan lokal yang perlu untuk bersama kita estarikan,” kata dia.

Ia juga menyebutkan dalam kegiatan tersebut akan ada perlombaan -perlombaan lainnya yang akan melibatkan masyarakat.

Seperti panjat pinang, balap karung dan perlombaan lain untuk anak-anak, dewasa hingga orang tua.

“Hiburan itu harapkan juga akan lebih mempertebal jiwa gotong royong dan kebersamaan pada momen HUT RI ini,” paparnya.

Bahkan Bikers Brotherhood 1% MC West Java Chapter akan memberikan bantuan untuk pembangunan pondok  pesantren yanga ada sekitar kawasan Situ Janawi.

Kemudian pada sore harinya, rombongan akan menuju kawasan perkemahan Batu Nyonclo di bawah kaki Taman Nasional Gunung Cirema.

Rombongan pun rencanakan akna menginap semalam dan menikmati makan liwet secara bersama dengan warga setempat.

“17 Agustus 2023 nanti, setelah upacara kemerdekaan di hutan pinus kaki Gunung Ciremai kita langsung merapihkan tenda camping dan sampah-sampah rombongan akan bersiap-siap untuk melaksanakan prosesi penghormatan Sang Saka Merah Putih,” kata Adi.

Menumbuhkan Rasa Cinta Terhadap Wilayah Jawa Barat Indonesia 

Selanjutnya rombongan akan melakukan persiapan roadshow yang akan dilepas oleh Vice Presiden West Java Chapter.

Dengan melewati jalur Majalengka-Subang-Purwakarta-Plered-Cianjur-Sukabumi-Ciletuh-Sindangbarang-Cidaun-Rancabuaya-Pangalengan-Soreang (Genderewoz Camp)-Sekretariat West Java.

Track roadshow yang kedua sedikit berbeda dengan roadshow pertama.

Hal ini dimaksudkan untuk dapat lebih mengenal wilayah Jawa Barat secara merata bagi seluruh peserta.

Adi berharap semoga rangkaian kegiatan ini dapat lebih meningkatkan rasa percaya diri dan lebih menumbuhkan rasa cinta akan wilayah yang berada di Tanah Air Indonesia.

“Kami sadar masih terlalu kecil nilai positif yang akan dirasakan oleh masyarakat tetapi kami yakin bahwa ini akan menjadi lingkaran kecil yang akan terus melebar dan tentunya ini merupakan tanggung jawab kita semua sebagai masyarakat dan bangsa Indonesia,” tandasnya.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakPemda Ciamis Gelar Seminar Kesehatan, Upaya Membangun Ciamis Sehat
Artikulli tjetërPolres Cianjur Gelar Simulasi Kontijensi Pengamanan Pemilu 2024