Wakil Bupati Ciamis, H. Yana D Putra. Foto/Ist

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Ciamis menggelar Seminar Kesehatan pada Selasa (15/8/2023).

Turut hadir sekaligus membuka acara secara resmi Wakil Bupati Ciamis Yana D. Putra yang bertempat di Aula Setda Kabupaten Ciamis.

Selain itu, hadir juga unsur Forkopimda, Kepala OPD, para Camat, Kepala Puskesmas, TP-PKK, perwakilan Guru, serta peserta lainnya.

Kegiatan tersebut bertajuk tema ‘Urgensi Edukasi Reproduksi dalam Membangun Ciamis Sehat’.

Sebagai informasi, acara yang digelar oleh Pemkab Ciamis ini berangkat dari permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi.

Terlebih yang tengah dialami remaja, sehingga perlu dilakukan upaya dalam menyiapkan remaja dalam menjalani kehidupan reproduksi sehat dan bertanggung jawab.

Mengawali sambutannya, Wabup Ciamis menyampaikan permohonan maaf dikarenakan Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat tidak dapat hadir.

“Salam dari pa Bupati, mohon maaf yang sebesar besarnya tidak dapat hadir pada kesempatan yang berbahagia ini, dikarenakan beliau sedang sakit,” ujar Yana.

Kemudian, ia juga membahas tentang urgensi edukasi reproduksi. Ia mengatakan bahwa edukasi reproduksi ini dipandang sangat perlu.

“Bukan untuk kita, tetapi untuk generasi Ciamis dimasa yang akan datang,” terangnya.

Lebih lanjut, Yana mengamanatkan tentang urgensi edukasi reproduksi.

Menurutnya, jangan sampai jadi melegalkan reproduksi bagi remaja yang belum menikah.

“Saya berharap edukasi reproduksi untuk remaja ini bukan untuk melegalkan bereproduksi diluar nikah,” jelasnya.

Apapun alasannya, ia melanjutkan, jangan terjadi lagi reproduksi di luar nikah.

Lebih lanjut, ia juga menyampaikan terimakasihnya kepada Dinas terkait atas kontribusi salah satunya terhadap edukasi reproduksi bagi remaja.

“Terimakasih Dinas Kesehatan, Dinas DP2KBP3A Kabupaten Ciamis atas berjalannya program yang direncanakan, tentunya semua ini demi Generasi Ciamis yang sehat di masa yang akan datang,” katanya.

Seminar Kesehatan Wujudkan Generasi Unggul 

Sementara itu, Sekda Ciamis H. Tatang menjelaskan, bahwa kegiatan seminar kesehatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang bagaimana mempersiapkan kehamilan yang sehat.

“Pentingnya tentang penanganan kekerasan seksual pada anak, serta tentang pola asuh guru dalam mendidik generasi unggul yang berkualitas,” paparnya.

Ia pun menuturkan bahwa pemda Ciamis menghadirkan tiga orang narasumber sebagai pembicara utama.

“Yaitu dr. Achmad Mediana, Sp.OG selaku owner AMS dan praktisi kesehatan, Ibu Vera Fillinda Agustiana Dewi, Sh., Mh. , selaku Sekretaris P2TP2A, dan dr. H. Fadlil Yani AS, M. Ag. selaku Ketua ICMI Kabupaten Ciamis,” terangnya.

Pada kesempatan tersebut juga laksanakan penyerahan Piagam Penghargaan dari Bupati Ciamis yang diserahkan Wakil Bupati Ciamis kepada dr. Achmad atas kepeduliannya sosial di bidang kesehatan.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakDisdukcapil Ciamis Gencar Lakukan Perekaman E-KTP untuk Pemilih Pemula
Artikulli tjetërHUT RI ke-78, Bikers Brotherhood 1% MC Gelar Roadshow Jelajah Jawa Barat