Beranda Polhukam Dilanda Bencana, Polda Jabar Pastikan Pemilu 17 April Aman

Dilanda Bencana, Polda Jabar Pastikan Pemilu 17 April Aman

PASUNDANNEWS.COM, CIMAHI– Jelang Pemilihan Umum 17 April 2019 besok, terjadi beberapa kendala yang diakibatkan faktor cuaca. Meski demikian, Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) memastikan, Pesta Demokrasi tetap akan berlangsung dengan aman.

Kapolda Jabar Irjen Pol. Agung Budi Maryoto menyampaikan, di musim penghujan beberapa wilayah di Jawa Barat banyak yang terdampak bencana sehingga demi berlangsungnya Pemilu yang aman, nyaman, dan damai, beberapa TPS di lokasi bencana dipindahkan ke tempat lainnya yang lebih aman.

“Semuanya aman untuk yang di Baleendah dan sekitarnya, TPS karena masih musim banjir, TPS-nya dipindah termasuk yang di Indramayu juga demikian,” kata Agung saat ditemui di markas Kodim 0609, Senin (15/4) malam.

Diterangkan Agung, kondisi cuaca dibeberapa waktu ini yang cukup ekstrem sehingga berakibat rusaknya beberapa kotak suara.

“Kemarin di Kabupaten Bogor ada terjadi angin puting beliung tetapi surat suaranya tidak rusak, surat suaranya dibungkus plastik, kotak suaranya ada sebagian rusak karena dari karton ya, tetapi sudah diganti lagi,” terangnya.

Meski beberapa wilayah di Jawa Barat terdampak bencana, dia mengimbau, masyarakat untuk tidak ragu dan takut datang ke TPS menyalurkan hak pilihnya mengingat pesat demokrasi ini hanya berlangsung lima tahun sekali.

“Silakan datang ke TPS pada tanggal 17 April 2019, TNI dan Polri siap mengawal dan mengamankan,” ujarnya.

Cukup tingginya jumlah partisipasi masyarakat pada Pilkada tahun lalu, dia mengharapkan, partisipasi masyarakat untuk Pemilihan DPD RI, Pileg, dan Pilpres bisa lebih baik dan meningkat jumlahnya.

“Yang paling penting kalau semakin tinggi tingkat partisipasi masyarakatnya berarti tinggi juga tingkat demokrasi di Jabar,” ungkapnya. (alvin/tiara)