Ibu-ibu KPM PKH Desa Cibeureum, Kecamatan Sukamantri, Kabupaten Ciamis, sedang mengemas masker kain yang sudah di jahit untuk dibagikan kepada warga. Foto/Dokpri. Dedi Setiadi SP.

PASUNDANNEWS.COM, CIAMIS – Masker sebagai salah satu alat pelindung diri ditengah pandemi Covid-19 ini sangat di butuhkan oleh warga masyarakat dalam beraktivitas di luar rumah.

Ibu-ibu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) Desa Cibeureum, Kecamatan Sukamantri, Kabupaten Ciamis, berinisiatif membuat masker berbahan kain untuk dibagikan secara gratis kepada warga yang butuhkan.

Siti Fatimah, KPM PKH Graduasi Mandiri Sejahtera 2019, yang juga sebagai ketua KUBE Binangkit dan sebagai inisiator kegiatan KPM PKH Peduli dan Berbagi mengatakan, masker yang di produksinya bersama ibu-ibu KPM yang lain bukan untuk dijual belikan, melainkan dibagikan kepada warga secara gratis.

“Banyak warga yang membutuhkan masker, tapi sulit untuk di dapatkan disituasi sekarang ini, maka kami berinisiatif bersama ibu-ibu KPM yang lain membuat masker dari bahan kain dan dibagikan gratis kepada warga” kata Siti Fatimah, Jum’at (17/4/2020).

Siti menambahkan, bahan kain untuk membuat masker tersebut adalah hasil swadaya kelompok KPM, dengan mengumpulkan 1 meter kain per kelompok, yang kemudian di jahit menjadi masker siap pakai.

“Semuanya hasil swadaya kelompok, per kelompoknya itu 1 meter kain kemudian kami jahit secara bergantian, walaupun produksinya tidak banyak, tapi kami merasa senang bisa membantu KPM yang lain dan warga yang membutuhkan masker” ujarnya.

Dalam situasi saat ini, Siti mengaku, masih banyak warga masyarakat yang membutuhkan masker, terlebih warga yang setiap harinya beraktifitas di luar rumah.

“Untuk beberapa warga yang masih harus beraktifitas diluar rumah, sesuai himbauan pemerintah kan harus pakai masker, jadi kami membantu untuk meminimalisir menularkan atau tertular virus Corona, dengan mengenakan masker” imbuhnya

Sementara petugas Pendamping PKH Desa Cibeureum, Nurlinda ST mengatakan, berawal dari ajakannya kepada KPM untuk bisa berbagi ditengah situasi pandemi virus Corona ini, maka pihaknya mengkonsolidir beberapa ibu-ibu KPM untuk membuat masker berbahan kain secara swadaya, yang kemudian dibagikan kepada KPM dan warga secara gratis.

“Berawal dari keinginan kami untuk bisa berbagi ditengah situasi saat ini, di lihat beberapa KPM yang mempunyai mesin jahit manual, maka kami sepakat secara swadaya membuat masker bahan kain untuk dibagikan ke KPM lain dan warga” katanya.

Koordinator PKH Kecamatan Sukamantri, Dedi Setiadi SP, mengapresiasi atas inisiatif yang dilakukan ibu-ibu KPM tersebut. Pihaknya bersama petugas pendamping PKH yang lain terus memberikan motivasi serta dukungan kepada para KPM untuk terus aktif dan produktif.

“Kami terus memberikan motivasi dan dukungan kepada ibu-ibu KPM supaya selalu aktif dan prodiktif. Semoga ini menjadi inspirasi bagi kita semua” tukasnya. (Hen/Pasundannews.com)

Artikulli paraprakDampak Covid-19, HMI Ciamis Minta Pemkab Perhatikan Kebutuhan Pangan Masyarakat
Artikulli tjetërSPI Sukabumi Peringati Hari Perjuangan Petani Internasional dengan Bagi-Bagi Hasil Panen