Beranda Bandung Raya

Bupati KBB Rencana “Sulap” Lahan Tak Tergarap Menjadi Kawasan Wisata Edukatif

Bupati KBB Aa Umbara Sutisna bersama delapan SKPD terkait meninjau ke lokasi Program Padat Karya Pertanian yang akan dijadikan kawasan wisata edukatif, Jum'at (9/10)

KBB, PASUNDANNEWS – Bupati Kabupaten Bandung Barat (KBB) Aa Umbara Sutisna (AUS) akan memanfaatkan lahan milik Pemerintah Daerah KBB yang belum tergarap menjadi kawasan wisata edukatif.

Lahan seluas 10 hektar tersebut, sebelumnya telah di Memorandum Of Understanding (MOU) dengan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) dalam bentuk Program Padat Karya Pertanian.

“Sementara ini baru enam hektar yang baru tergarap, rencana kita nanti ada sepuluh hektar sesuai dengan yang di MOU dengan bu menteri,” ujar Umbara saat meninjau ke lokasi lahan garapan Jum’at (9/10).

AUS menambahkan, lahan yang berada persis di samping Komplek Perkantoran Pemda KBB ini, ke depan akan terus dikembangkan selain untuk kegiatan di bidang Pertanian juga bidang Peternakan, Perikanan dan Holtikultura.

“Saya baru tahu ternyata kita punya lahan yang bisa dimanfaatkan, kebetulan di saat kecamatan lain sudah mempunyai objek wisata, tinggal Ngamprah yang belum punya, tinggal nanti kita bicarakan konsep ke depannya seperti apa, nanti kita bicarakan,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, AUS juga memaparkan konsep jangka pendek dan jangka panjang program yang digagas bersama delapan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) ini.

“Jangka pendeknya, ini merupakan program pemulihan ekonomi pasca Covid-19, sementara kita telah menyerap 60 pekerja (petani), ke depan pasti akan bertambah di angka 120 pekerja, dan jangka panjangnya kita akan padukan konsep pertanian dengan wisata,” tegas orang nomor satu di KBB ini.

Sebelumnya KBB mendapat kepercayaan dari Pemerintah Pusat dalam hal ini Kemenakertrans untuk dijadikan pilot projects sinergi pelaksanaan penanganan dampak Covid-19 melalui Program Padat Karya Pertanian.

Penandatangan Nota Kesepakatan dilakukan secara langsung oleh Bupati Aa Umbara Sutisna dengan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Ida Fauziyah Minggu (19/7) di Aula Kantor Bupati Lt 3. (Boim)