Bunda Literasi Jabar Amanda Soemedi Bey Machmudin menyaksikan pengukuhan  Paguyuban Duta Baca Jabar periode 2024 - 2026, di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (10/6/2024).(Foto: Biro Adpim Jabar)

BERITA JABAR, PASUNDANNEWS.COM – Amanda Soemedi Bey Machmudin selaku Bunda Literasi Jabar sampaikan pentingnya peran Duta Baca membangun budaya literasi.

Hal itu ia sampaikan dalam kegiatan pengukuhan Paguyuban Duta Baca Jawa Barat Periode 2024-2026 di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (10/6/2024).

Pengukuhan dilaksanakan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Jabar, Kim Agung.

Amanda mengatakan, kehadiran Duta Baca Jabar dapat menjadi wadah, energi dan cara baru menggeliatkan gemar membaca dan berliterasi secara dinamis.

“Hari ini saya menyaksikan langsung para pemuda yang memilki semangat tinggi untuk berkegiatan positif,” kata Amanda.

Ia mengungkapkan, saat ini Jabar memiliki tingkat kegemaran membaca yang melebihi target nasional, yakni 70,47 persen. Rata-rata nasional sebesar 66,67 persen.

“Nilai ini menunjukkan bahwa Jabar menempati posisi ke-3 dari 38 provinsi,” ungkapnya.

Amanda menuturkan, literasi merupakan hal yang perlu dipupuk sejak dini agar menjadi kebiasaan di masa mendatang.

“Anak-anak muda perlu hadir sebagai simbol perkembangan zaman yang dapat mengubah kebiasaan negatif menjadi positif,” ucap Amanda.

“Duta baca juga perlu hadir dalam upaya menularkan budaya literasi dan menjadi inspirasi bagi anak-anak muda lainnya,” tambahnya.

Amanda mengucapkan selamat kepada Duta Baca Jabar dan memberikan semangat dalam upaya menjadi salah satu agent of change di masyarakat.

“Hadirnya kalian akan menjadi lebih banyak lagi yang terinspirasi dan bersemangat untuk meningkatkan minat baca sebagai pintu awal hadirnya pemimpin yang cerdas,” pungkasnya.

(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakBey Machmudin Apresiasi Implementasi Sertifikat Tanah Elektronik
Artikulli tjetërPeparnas 2024, Bey Machmudin Targetkan Jabar Raih Juara Umum