Air Kelapa Bisa Sembuhkan Pasien Covid-19?, Ini Penjelasan Ahli
Air Kelapa Bisa Sembuhkan Pasien Covid-19?, Ini Penjelasan Ahli

Pasundannews – Setelah susu beruang kini masyarakat banyak mencari air kelapa. Hal itu karena di anggap bisa mencegah virus atau mengobati infeksi Covid-19.

Salah satu contoh yang menjadi rujukan masyarakat ketika mendengar pernyataan Bupati Aceh Barat. Ramli, mengaku sembuh dari infeksi Covid-19 lantaran sangat rutin minum air kelapa.

Menjadi pertanyaan bagaimana menurut para ahli. Benarkan air kelapa bisa menyembuhkan pasien Covid-19?

Untuk itu dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK, dokter spesialis gizi klinis RS Pondok Indah menjelaskan. Sampai saat ini air kelapa belum mempunyai bukti yang kuat untuk menyembuhkan atau sebagai obat dalam meningkatkan imunitas tubuh.

“Jadi jika dia merasa lebih baik, sebenarnya itu sesuatu yang bersifat subjektif dan kita harus melihatnya secara komprehensif,” jelasnya.

Menurut dr Juwalita, faktor utama adalah pasien Covdi-19 sudah menjalankan pengobatan yang telah di anjurkan.

“Tidak selalu pengobatan itu bersifat spesifik terhadap Covid-19. Tetapi mungkin di berikan juga obat-obatan yang sifatnya suportif oleh dokter,” terangnya.

Lanjutnya, Faktor kedua karena kemungkinan pasien tersebut sudah menjalani diet seimbang yang sifatnya memang mendukung penyembuhan.

Kandungan Air Kelapa

Akan tetapi, dr Juwalita tidak menampik kalau terdapat kandungan baik di dalam air kelapa, yang dapat di lihat dari isi macronutrient serta micronutrient.

Jadi, secara macronutrient, sebagian besar kandungannya merupakan air serta karbohidrat.

“Kita amati lagi dari dini, air kelapa itu 94% isinya air. Kemudian 5% karbohidrat paling utama dalam wujud glukosa serta fruktosa, sebanyak 0,02% protein serta sebagian kecil sekali lemak,” ucapnya.

Bila di amati micronutrientnya, dokter Juwita menyebut isi yang menonjol pada air kelapa, merupakan Vit B, ialah B1, B2, B3, B5, B6, B7, serta B9. Kita ketahui B9 itu kita tahu selaku Folat. Vit B, paling utama B6 serta folat memanglah sangat berfungsi pada sistem imun secara totalitas.

“Sistem imunitas kita ini kan sesungguhnya sangat lingkungan, mulai dari luar semacam kulit, saluran pernafasan, bulu- bulu getar di saluran pernafasan, masuk lagi ke dalam terdapat sel- sel imun yang melawan patogen ataupun pemicu penyakit. Bila memandang kedudukannya, Vit B6 ini kedudukannya besar sekali di dalam sistem imun,” katanya.

Dokter Juwalita menjelaskan, kemungkinan besar, orang yang komsumsi air kelapa menemukan khasiat dari support vit yang terdapat di dalamnya, jadi mengkonsumsi kelapa dapat menolong penuhi kebutuhan Vit B mereka.

“Kebetulan Vit B itu memanglah banyak ikut serta dalam segala proses enzimatik di dalam badan, jadi respon kimia di dalam badan itu banyak didukung oleh Vit B,” papar dokter Juwalita.

Berikutnya dokter Juwalita pula menguraikan khasiat yang lain dari air kelapa semacam kandungan elektrolitnya yang lumayan besar sebab memiliki Kalium serta Magnesium. Kedua faktor ini sangat baik buat mengendalikan tekanan darah serta kesehatan jantung. Ini berarti terpaut pula pada penangkalan penyakit komorbid (penyerta) pada Covid-19.

“Mungkin pula mengkonsumsi air kelapa dapat berikan sugesti positif pada orang yang komsumsi. Seluruh yang sifatnya sugesti positif terhadap badan kita dapat bawa akibat yang baik pula,” ucapnya.

Jadi kunci mendapatkan keadaan badan yang sehat, baik kala lagi terserang penyakit ataupun semata-mata melindungi kesehatan, tidak hanya melindungi raga, pula wajib melindungi penyeimbang benak.

“Jadi dengan afirmasi positif kalau kita hendak sembuh serta kita hendak sehat, itu pula hendak menunjang kita jadi lebih sehat,” jelas dokter Juwalita.

Artikulli paraprakIsoman Butuh Obat-obatan, Akses Langsung Pikobar Jabar
Artikulli tjetërSonderlab Siap Perkuat Karya Anak Bangsa Lewat Brand Global