75 persen warga Jawa Barat paham Vaksin Covid-19, hal tersebut disampaikan Ridwa Kamil (Poto: Radar Surabaya)
BANDUNG, PASUNDANNEWS.COM – Provinsi Jawa Barat siapkan 11 ribu orang sebagai tim penyuntik vaksin covid-19.
Hal itu disampaikan Ridwan Kamil bahwa pihaknya telah menambah tenaga penyuntik vaksin atau vaksinator dari jumlah 1.000 orang menjadi 11.000 orang. Belasan ribu vaksinator itu sudah dilatih untuk menyuntikkan vaksin Covid-19.
“Vaksinator tadinya 1.000 orang sekarang kami latih total menjadi 11.000 orang. Jadi Alhamdulillah Provinsi Jawa Barat siap, 10 kali lipat lebih sehingga kita akan berlimpah tim yang menyuntikkan vaksin,” ucap pria yang akrab disapa Emil itu di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (5/1/2021).
Ia pun mengatakan, simulasi vaksinasi sudah dilaksanakan di beberapa daerah. Di antaranya, Kota Depok, Kota Bogor, dan Kabupaten Bekasi.
“Kami sedang mensimulasikan, memerintahkan seluruh bupati/wali kota minggu ini untuk simulasi vaksin covid di wilayah masing-masing,” ucapnya.
Menyangkut proses vaksinasi, Jabar menargetkan vaksinasi Covid-19 bisa rampung maksimal 12 bulan. Untuk mencapai target tersebut, kata Emil, Satgas Covid-19 mesti menambah tempat penyuntikan vaksin hingga 2.000 lokasi.
Emil pun mengaku sedang berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk mempercepat proses vaksinasi menjadi 12 bulan atau bahkan dalam waktu enam bulan saja.
“Kami sedang berkoordinasi dengan pemerintah pusat, menunggu informasi dari pemerintah pusat karena informasi yang didapat vaksinasi ini selesai 15 bulan. Menurut kami kelamaan berarti pertengahan 2022 orang terakhir divaksin,” ujar dia.
“Bisa enggak kita simulasikan di 12 bulan bahkan di 6 bulan itu hanya bisa dijawab jika jumlah tempat vaksinasi di Jawa Barat bisa 2 kali lipat. Kami punya 1.100 lokasi kami berharap bisa 2.000 lokasi. Kalau 2.000 lokasi, berarti fasilitas negara TNI, Polri, itu akan kami simulasikan sebagai zona tambahan vaksinasi di Jawa Barat,” tambahnya.
Tak hanya itu, Emil juga mengusulkan agar vaksinasi setiap orang menjadi lebih cepat atau di bawah 45 menit per orang.
“Kami mengusulkan satu orang tidak 45 menit karena itu akan menghabiskan waktu terlalu lama, minimal hanya 30 menit per orang itu akan membantu proses penyuntikan di jam normal tanpa lembur,” tuturnya.
Artikulli paraprakPemkot Bandung Perpanjang Penutupan Jalan Hingga 8 Januari
Artikulli tjetërAgun Gunandjar Raih Penghargaan Positive News Maker Times Indonesia Tahun 2020