Ilustrasi/Pixabay

PASUNDANNEWS – Jika Anda merasa sakit pinggang mungkin bisa di picu banyak faktor. Ketika merasa sakit pinggang sering terasa di bagian punggung bagian bawah. Biasanya penyebab utama sakit pinggang karena terjadi akibat cedera, aktivitas, dan beberapa kondisi medis.

Penyebab-penyebab tersebut bisa jadi akan mengganggu aktivitas sehari-hari.Ada beberapa kategorikan sakit pinggang  salah satunya akut, subakut atau kronis. Hal itu membuat tidak nyaman bahkan melemahkan.

Walaupun sering terjadi pada individu yang berusia antara 30 dan 50. Bisa jadi perubahan yang terjadi tersebutkarena seiring bertambahnya usia.

Akan tetapi, Ada banyak beragam penyebab sakit pinggang yang bisa menyerang tubuh dari segala usia. Berikut rangkuman penyebab sakit pinggang seperti di lansir dari laman Liputan6.

Terkilir dan tegang

Penyebab sakit pinggang yang paling umum adalah Keseleo ligamen dan otot atau tendon yang terkilir. Hal ini bisa terjadi karena penggunaan otot atau ligamen yang berlebihan. Kondisi tersebut bisa terjadi dan terus berkembang dari waktu ke waktu jika tidak atasi sejak dini.

Adapun penyebab terkilir secara umum meliputi:

– Memaksa mengangkat benda berat, atau memelintir tulang belakang sambil mengangkat

– Gerakan tiba-tiba yang menyebabkan terlalu banyak tekanan pada punggung bawah, seperti jatuh

– Postur tubuh yang buruk dari waktu ke waktu

– Cedera olahraga, terutama dalam olahraga yang melibatkan gerakan memutar atau benturan besar

Saraf terjepit

Istilah Saraf terjepit sering di sebut hernia nukleus pulposus (HNP). Kondisi tersebut terjadi akibat cakram yang rusak dan memberikan tekanan pada seluruh sumsum tulang belakang atau pada saraf yang ada. Dampaknya hernia dapat memberikan rasa nyeri pada area cakram yang menonjol dan juga area tubuh yang di kendalikan oleh saraf tersebut.

Saraf terjepit sering terjadi di punggung bawah atau pinggang tetapi juga bisa terjadi pada tulang belakang leher. Cedera dapat terjadi setelah mengangkat sesuatu atau memutar punggung. Adapun nyeri akibat cedera cakram ini biasanya berlangsung lebih dari 72 jam.

Stenosis tulang belakang

ketika anda merasa tulang belakang menyempit, memberi tekanan pada sumsum tulang belakang dan saraf tulang belakang itu adalah Stenosis. Kondisi ini ering terjadi karena degenerasi cakram di antara tulang belakang. Hasilnya adalah kompresi akar saraf atau sumsum tulang belakang oleh tulang taji atau jaringan lunak, seperti cakram.

Tekanan pada saraf tulang belakang menyebabkan gejala seperti mati rasa, kram, dan kelemahan. Stenosis tulang belakang dapat terjadi pada tulang belakang atas (leher rahim) dan tulang belakang lumbar (pinggang), tetapi stenosis tulang belakang lumbal lebih sering terjadi.

Radang sendi

Radang sendi atau arthritis juga bisa menjadi penyebab sakit pinggang. Ada lebih dari 100 jenis radang sendi, banyak di antaranya dapat menyebabkan nyeri pinggang. Jenis yang paling umum termasuk osteoartritis, rheumatoid arthritis, dan ankylosing spondylitis.

Osteoartritis diakibatkan oleh keausan pada disc dan facet joint. Ini menyebabkan rasa sakit, peradangan, ketidakstabilan, dan stenosis ke tingkat yang bervariasi. Spondylolisthesis terjadi ketika satu ruas tulang belakang tergelincir di atas ruas yang berdekatan. Sementara rheumatoid arthritis dalah penyakit autoimun yang dapat menyebabkan nyeri sendi dan kerusakan di seluruh tubuh.

Penyebab sakit pinggang pada wanita

PMS pada wanita

Bagi wanita kondisi ini sering di alami sebelum menstruasi. Kondisi PMS memiliki banyak gejala potensial, termasuk sakit pinggang. PMS biasanya di mulai beberapa hari sebelum menstruasi, dan berakhir dalam satu atau dua hari setelah menstruasi.

Endometriosis pada wanita

Suatu kondisi di mana jaringan yang melapisi rahim, yang di kenal sebagai jaringan endometrium, tumbuh di luar rahim. Endometriosis menyebabkan jaringan sering tumbuh di ovarium, saluran tuba, dan jaringan lain yang melapisi panggul. Bahkan bisa tumbuh di sekitar saluran kemih dan usus. Endometriosis biasanya disertai dengan gejala nyeri di panggul dan pinggang.

Penyebab Lainnya

Ada sejumlah kondisi lain yang menjadi penyebab sakit pinggang. Kondisi kesehatan tambahan yang dapat menyebabkan menyebabkan sakit pinggang meliputi kehamilan, kista ovarium, fibrioid rahim, kanker, masalah ginjal dan kandung kemih, dan fibromyalgia.

Penulis: Agus Sophanudin

Artikulli paraprakPolisi Selidiki dan Buru Pelaku Tabrak Lari di Karangkamulyan Ciamis
Artikulli tjetër3 Buah Ini Ampuh Turunkan Kolesterol