Buah Tomat/Instagram

PASUNDANNEWS – Bagi banyak orang waktu berbuka puasa adalah waktu yang pas untuk mengkonumsi makan yang di idam-idamkan selama puasa. Akan tetapi hal itu salah ya dan berdampak pada naiknya kolesterol.

Karena bagi Anda yang menginginkan bentuk yang ideal, makan berlebihan dapat meningkat kadar kolesterol meningkat tajam setelahnya.

Akan tetapi ada jenis buah-buahan yang bisa membuat kolesterol kita pergi alias ambyar. Berikut kami rangkum jenis buah yang ampuh turunkan kadar kolesteerol setelah buka puasa, seperti di lansir laman Jpp.com.

1. Buah Pisang

Selain enak pisang merupakan sumber yang baik dari serat makanan. Serat bisa membantu mengurangi low-density lipoprotein, LDL atau kolesterol “jahat”.

Selain itu, Kandungan kalium yang terdapat dalam pisang akan membantu menurunkan tekanan darah. Sehingga bisa menurunkan kolesterol jahat dan menyehatkan jantung. Tak hanya itu, Anda bisa mendapatkan pisang  dengan harga yang murah karena tanaman rumahan bagi masyarakat Indonesia.

2. Buah Tomat

Berdasarkan penelitian di jurnal Maturitas menyebutkan. Buah  tomat yang sudah di masak memiliki khasiat yang hampir sama dengan obat kimia seperti statin (obat gangguan jantung).

Akan tetapi kelebihan bauh tomat tidak memberi efek samping yang buruk seperti sakit otot, lemas dan bahkan kerusakan saraf.

Kandungan dalam tomat ada senyawa likopen yang memberi warna merah pada tomat matang. Senyawa Likopen merupakan antioksidan penting yang berkhasiat mengurangi resiko stroke dan serangan jantung.

Tak hanya, itu tomat juga mengandung kalium dan vitamin B yang mampu menurunkan kolesteerol dan tekanan darah tinggi.

3. Konsumsi Jambu Biji

Mempunyai kandungan vitamin dan antioksidan yang bisa melindungi sel-sel jantung dari radikal bebas.Selain itu, jambu biji juga bisa di manfaatkan sebagai salah satu buah penurun kolesterol.

Hasil penelitian menyatakan, satu buah jambu biji kaya akan kalium dan serat larut yang membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

Selain itu, kandungan vitamin dan mineralnya juga bisa menaikkan kadar kolesterol baik HDL untuk mencegah berbagai penyakit jantung.

Penulis: Agus Sophanudin

Artikulli paraprak8 Penyebab Sakit Pinggang, Ini Pemicunya
Artikulli tjetërSah, Jokowi Teken PP THR Khusus ASN dan Pensiunan