Ilustrasi :(kalhh dari Pixabay)

Pasundannews.com – menjalankan ibadah Puasa adalah momen yang tepat untuk menurunkan berat badan bagi banyak orang. Namun jangan sampai momen puasa malah membuat berat badan jadi naiknya. Maka untuk itu, ada beberapa yang harus di hindari saat menjalankan puasa.

Jika Anda ingin berat badan turun maksimal selama puasa. Simak hal yang harus di hindari dari sekarang:

1. Makan berlebihan saat sahur dan berbuka

Anda bisa memulai dengan cara mengurangi konsumsi kalori ke dalam tubuh. Kalori yang masuk harus lebih kecil ya dari pada kalori yang keluar. Jadi mulai sekrang sahur dan berbuka dengan secukupnya jangan berlebihan.

2. Tidak mengonsumsi makanan bergizi

Selama puasa anda harus perhatikan gizi yang sehat dan seimbang. Jadi jangan sampai nafsu anda mengalahkan Anda ya. Perhatikan dan fokuslah pada makanan yang kaya protein tanpa lemak, serat, dan lemak sehat ketika sahur dan berbuka.

3. Melewatkan waktu berbuka atau sahur

Ya dampak dari anda melewatkan waktu sahur atau berbuka tentunya akan merasakan kepalaran saat berpuasa. Karena rasa lapar yang tinggi ketika melewatkan sahur pastinya Anda akan makan berlebihan ketika waktu berbuka. Mulai dari sekarang atur waktu ya. pastikan asupan makanan Anda cukup saat sahur dan berbuka puasa.

4. Kurang tidur

Usahakan waktu tidur anda cukup, minimal 7 jam setiap hari. Kekurangan  tidur menurut penelitian bisa memicu kenaikan berat badan. Agar waktu tidur anda tidak kurang, Anda bisa mengakalinya dengan tidur siang selama 30 hingga satu jam.

5. kurang konsumsi air

Cukupi konsumsi air Anda ketika waktu sahur maupun berbuka. Kekeruangan konsumsi air saat sahur bisa membuat anda cepat merasa lapar, Selain dehidrasi ya. Agar tidak merasa bosan mengkonsumsi air dalam jumlah banyak. Solusinya, minumlah air dikit demi sedikit saat sahur dan berbuka.

(Jen)
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Ingin Berat Badan Turun Selama Puasa, Hindari 5 Hal Ini”, Klik untuk baca: https://health.kompas.com/read/2021/04/15/181000668/ingin-berat-badan-turun-selama-puasa-hindari-5-hal-ini?page=2.

Artikulli paraprak5 Manfaat Serat Bagi Kesehatan Tubuh
Artikulli tjetër5 Tips Agar Badan Tidak Lemas saat Puasa