Ilustrasi Olahraga (Gerd Altmann/Pixabay)

Pasundannews.com – Ketika menjalani ibadah puasa badan terus merasa lemas. Bisa jadi itu adalah masalah kesehatan. Tetapi kondisi badan yang tidak bertenaga atau lemas saat puasa kebanyakan di alami semua orang.

Hal itu wajar bagi orang yang sedang menjalankan ibadah puasa. Karena ketika puasa kebiasaan sehari-hari berubah, dan hal itu lah yang menjadi penyebabnya. Tapi jangan khawatir ada tips supaya kita tetap bugar tidak lemas saat puasa.

Simak tips agar badan tetap segar tidak lemas saat puasa:
1. Makan menu sahur yang bergizi lengkap dan seimbang

Seperti di lansir dari kompas.com. Awali puasa Anda dengan santap sahur yang berkualitas ya. Berkualitas di sini memuat gizi yang seimbang bagi tubuh bukan yang mengandung banyak kalori ya. Anda harus pastikan komposisi menu sahur terdiri atas karbohidrat kompleks seperti nasi merah atau oat, protein, lemak sehat, sayur, dan buah.

Sebisa mungkin Anda harus menghindari makanan asin atau gorengan saat sahur. Anda bisa mengkonsumsi nasi merah, oat, roti gandum, jika tidak ada ada, Anda bisa beralih ke telur rebus, alpukat, atau pisang.

2. Cukupi kebutuhan cairan

Upayakan kebutuhan cairan tubuh Anda terpenuhi. Seperti di lansir dari Khaleej Times, bahwa tubuh yang cukup terhidrasi bisa ajek berenergi dan badan tidak mudah lemas sepanjang hari.

Di anjurkan minum air setidaknya dua gelas air putih, satu gelas saat bangun tidur lalu segelas setelah santap sahur. Hendaknya minum lagi segelas air putih Sebelum santap takjil.

3. Jangan tinggalkan olahraga

Olahraga memang menyehatkan. Akan tetapi saat puasa lakukanlan olahraga walaupun itu bentuk ringan. Dengan olahraga kebugaran tubuh akan terjaga. salah satu yang paling ringan adalah aktif bergerak.

Salah satu Penyebab badan lemas saat puasa bisa berasal dari tubuh yang sedang beradaptasi dengan penurunan tingkat energi. Solusinya tetap rajin menggerakkan tubuh Anda. Sedikit peregangan, jalan santai, bersepeda baik bagi kebugaran tubuh.

Adapun untuk waktu olahraga, Anda bisa lakukan pada sore hari sebelum buka puasa, setelah buka puasa, atau sebelum sahur.

4. Tetap jaga pola tidur

Tentunya kurang tidur bisa jadi penyebab badan jadi lemes. Tidurlah lebih awal untuk memungkinkan anda tetap pada pola tidur yang sama. Kemudian jadwalkan tidur siang secara teratur selama puasa. Anda bisa meluangkan waktu cukup 15 sampai 20 menit untuk tidur siang.

5. Jaga tubuh tetap dingin

Cara jitu agar tubuh tidak terasa lemes adalah menjaga tubuh tetap dingin. Karena ketika tubuh Anda banyak mengeluarkan keringat akan rentan mengalami dehidrasi dan lemas. Kurangi aktivtas di luar ruangan.

Upaya ruangan anda tetap dingin dengan membuka jendela lebar-lebar, mengatur suhu ruangan tetap dingin. Anda bisa mensiasati dengan menyalakan kipas angin atau AC.

Ketika anda beraktifitas di luar gunakanlah pakaian yang dingin dan tidak tebal. Sehingga memungkinkan anda tidak kepanasan karena tubuh yang tertutup.

(Nur)

Artikulli paraprak5 Cara Turunkan Berat Badan Selama Puasa
Artikulli tjetërKenali 7 Sifat Orang yang Takut Kepada Allah SWT