Ilsutrasi : Skica911 dari Pixabay

Pasundannews.com – Makanan yang mengandung serat sangat baik untuk tubuh kita. Manfaat serat mulai dari mencegah konstipasi hingga mencegah diabetes. Nutrisi bisa di temukan dalam makanan nabati, seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, oatmeal, dan sereal.

Di lansir dari Alodokter, Serat adalah jenis karbohidrat kompleks yang tidak dapat di pecah menjadi molekul gula oleh tubuh. Manfaat serat untuk kesehatan bisa Anda dapatkan secara maksimal dengan mengonsumsi setidaknya 25–35 gram serat per harinya.

Berikut lima manfaat serat untuk kesehatan tubuh:

1. Mencegah konstipasi

Salah satu manfaatnya serat adalah mencegah dan mengatasi konstipasi. Selain itu, serat juga bermanfaat memperlancar proses pencernaan dengan cara menyerap air ke dalam usus besar. Sehingga tinja yang di hasilkan akan lebih lembut dan besar./ Tentunya akan membuat buang air besar akan lebih lancar dan teratur.

2. Memaksimalkan penyerapan nutrisi dari makanan

Manfaat serat selanjutnya adalah dapat memaksimalkan penyerapan nutrisi lainnya dari makanan, terutama nutrisi yang jumlahnya sedikit. Salah satunya adalah kalsium, yaitu mineral yang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

3. Menjaga daya tahan tubuh

Manfaat serat selain dapat mempermudah Proses pencernaan makanan. Serat juga dapat memelihara mikroba baik di dalam usus. Akan mempermudah proses pencernaan makanan, mikroba ini juga akan memecah serat menjadi asam yang dapat merangsang aktivitas sel-sel imun. Hasilnya daya tahan tubuh akan lebih kuat untuk melawan beragam penyakit.

4. Menjaga berat badan ideal

Serat dapat juga menjaga berat badan ideal, sehingga dapat mencegah obesitas dan diabetes. Selain itu serat mampu mengembangkan dan menggumpalkan makanan di dalam lambung, sehingga Anda akan merasa cepat kenyang dan rasa kenyang tersebut akan bertahan lebih lama. Hal ini bisa mencegah Anda untuk makan secara berlebihan.

5. Menjaga kadar gula darah normal

Serat mampu menangkal kadar dula darah yang melonjak dengan cepat. Karena serat mampu memperlambat proses pencernaan makanan. Terutama setelah mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat. Manfaat serat ini sangat baik bagi penderita diabetes tipe 1 maupun diabetes tipe 2.

Artikulli paraprakChelsea Melaju ke Final Setelah Kalahkan Manchester City dengan Skor 1-0
Artikulli tjetër5 Cara Turunkan Berat Badan Selama Puasa