Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Wabup (Wakil Bupati) Ciamis Yana D Putra meresmikan acara launching Kampung Gurame di Dusun Ciwalung Desa Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Rabu (25/5/2022).

Yana dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan launching Kampung Gurame merupakan langkah konkret.

Sebagaimana implementasi dari Perpres nomor 24 tahun 2021 dan visi misi Kabupaten Ciamis.

Kendati begitu, ia menerangkan dalam Perpres tersebut membahas tentang Rincian APBN Tahun 2022.

Menurutnya, dana desa penggunaannya antara lain untuk program ketahanan pangan dan hewani. Paling sedikit 20 persen.

“Launching Kampung Gurame ini sejalan dengan visi Kabupaten Ciamis. Khususnya pada misi ke tiga. Yaitu, mengembangkan perekonomian yang berbasis ekonomi kerakyatan, potensi unggulan lokal dan pemberdayaan masyarakat,” paparnya.

Yana pun menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Desa Baregbeg. Serta masyarakat yang telah mewujudkan terbentuknya Kampung Gurame.

“Atasnama Pemkab Ciamis memberikan apresiasi setinggi-tingginya. Karena terwujudnya Kampung Gurame di Desa Baregbeg,” ungkapnya.

Potensi Ciamis sebagai Wilayah Agraris

Kondisi geografis Ciamis, imbuhnya, merupakan daerah agraris murni, sehingga potensi perikanan dan perikanan sangat menunjang untuk dikembangkan.

Selanjutnya, ia berpesan dalam pengembangan perikanan harus melihat segi pembangunan irigasinya. Guna terintegtasi dengan Kampung Gurame.

“Kita mesti bersyukur dengan sumberdaya alam ini, gurame soang dahulu terkenal di Ciamis. Tetapi seiring waktu mulai redup, kita (Pemkab Ciamis) mendukung dalam mengembalikan kejayaan ikan gurame Ciamis,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Desa Baregbeg, Owoy, menjelaskan, masyarakat di Desa Baregbeg khususnya Dusun Ciwalung kebanyakan membudidayakan ikan gurame.

Pemerintah Desa Baregbeg pun telah menganggarkan dari dana desa untuk memberdayakan 15 kelompok perikanan yang ada di desa tersebut.

Ia berharap dengan adanya Kampung Gurame ini bisa meningkatkan perekonomian para pembudidaya ikan. Serta menunjang visi misi Kabupaten Ciamis.

“Alhamdulillah, berapa hari kebelakang pun sudah ada pesan 50.000 ekor ikan anakan dari luar daerah, permintaan itu pun diarahkan kepada kelompok ikan di Desa Baregbeg,” ungkapnya.

Melalui Kampung Gurame ini, Kepala Desa Baregbeg ini berharap dapat menunjang visi misi Kabupaten Ciamis. Terutama dalam hal pengembangan perekonomian.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikel sebelumyaChristian Bale Jalani Peran Ekstrem Sebagai Penjahat di Thor: Love and Thunder
Artikel berikutnyaCanangkan Generasi Emas dan Cerdas, PGRI Gelar Acara Halal Bil Halal