PGRI Kabupaten Ciamis Menggelar Acara Halal Bil Halal di Aula STIKes Muhammadiyah Ciamis. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Canangkan generasi emas dan cerdas, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Ciamis gelar acara Halal Bil Halal.

Kegiatan tersebut bertempat di Aula STIKes Muhammadiyah Ciamis, Rabu (25/5/2022).

Selain itu, acara juga diwarnai dengan penyerahan secara simbolis hadiah kejuaraan lomba komik pembelajaran PLMM.

Dalam rangka Hardiknas tahun 2022 oleh Bupati Ciamis kepada para pemenang.

Turut hadir Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya. Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa guru mempunyai tugas berat.

Yaitu harus mampu menciptakan generasi emas yang pandai dan cerdas.

“Profesi guru ini adalah profesi yang sangat mulia. Bapak ibu mempunyai tugas berat untuk menciptakan generasi emas yang pandai dan cerdas. Meski di tengah keterbatasan SDM,” ucapnya.

Jasa Guru di Kabupaten Ciamis

Herdiat melanjutkan, kondisi guru saat ini secara kuantitatif sangat kurang. Pasalnya karena terjadi arus pensiun yang sangat banyak setiap tahun

“Kondisi saat ini, rekruitmen guru ASN sangat kurang sekali. Terhitung sejak 2010 dan baru ada 2019 lalu. Itu pun jumlahnya sangat sedikit,” jelas Herdiat.

Kekurangan tersebut, sambungnya, dapat sedikit terantisipasi oleh tenaga-tenaga sukarelawan yang mengabdi. Meskipun honorarium secara finansial masih jauh dari layak.

“Kami ucapkan terima kasih kepada guru-guru sukarelawan. Karena dedikasi dan pengabdianya,” ujarnya.

Sejauh ini, Pemkab Ciamis telah berupaya mengantisipasi kekurangan guru dengan mengusulkan ke pemerintah pusat melalui Kemenpan RB sejumlah 2.900 orang guru melalui jalur P3K.

“Kami memediasi ke pemerintah pusat agar ada sedikit pengakuan bagi tenaga sukarelawan guru yang telah mengabdi belasan bahkan puluhan tahun agar pengabdian mereka dihargai,” ungkapnya.

Tetapi, kata Herdiat, keinginan Pemkab Ciamis dan regulasi dari Panselnas dan kementerian belum sepenuhnya sesuai harapan.

Halal Bil Halal sebagai Ajang Silaturahmi

Pada kesempatan yang sama, Ketua PGRI Ciamis Asep Saeful Rahmat mengatakan kegiatan halal bihalal ini diselenggarakan dengan maksud untuk memupuk jalinan kebersamaan.

Dengan harapan dapat memotivasi para pendidik dalam meningkatkan profesionalitas.

“Mudah-mudahan dengan menjunjung tinggi kebersamaan dan profesionalitas, capaian kinerja tercapai secara optimal. Hingga akhirnya mutu pendidikan di Kabupaten Ciamis dapat lebih baik lagi,” ucapnya.

Ia melaporkan jumlah warga PGRI Kabupaten Ciamis seluruhnya 5.800 orang. Tetapi, yang hadir dibatasi sebanyak 250 orang sebagai perwakilan.

“Walaupun semestinya silaturrahmi tidak dapat diwakilkan, namun demikian karena keterbatasan kondisi dan situasi Covid-19 belum seutuhnya reda. Terpaksa acara diselenggarakan dengan peserta yang terbatas,” terangnya. (Herdi/PasundanNews.com)

Artikel sebelumyaWabup Ciamis Resmikan Kampung Gurame di Desa Baregbeg
Artikel berikutnyaPersiapan Ciamis Menuju Kabupaten Adipura Kencana