Kegiatan syukuran Ngabumin di Kampung Siluman, Pulomajeti, Kelurahan Purwaharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat, Sabtu (13/7/2024). Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Kampung Siluman, Pulomajeti, Kelurahan/Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar menjadi saksi acara syukuran Ngabumi yang digelar dengan meriah, Sabtu (13/7/2024).

Turut hadir jajaran Forkopimda, para kepala OPD lingkup Pemkot Banjar, Forkopimcam Purwaharja, unsur kelurahan, tokoh budaya, tokoh masyarakat, serta warga sekitar.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banjar, H. Kaswad mengapresiasi kegiatan ini dan menekankan pentingnya pengemasan acara yang lebih baik di masa mendatang.

“Ke depan, acara seperti ini harus lebih dikemas lagi agar dapat lebih dikenal luas dan memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar,” ujarnya.

Berbagai kegiatan pentas seni turut memeriahkan acara syukur ini, termasuk penampilan tarian Saripohaci dan tari Jampana yang menggambarkan kekayaan budaya lokal.

Selain itu, kegiatan Gondang menjadi salah satu daya tarik yang ditampilkan dalam upacara adat ini.

Tidak hanya seni dan budaya, acara ini juga diisi dengan kegiatan sosial berupa santunan kepada anak yatim dan jompo.

“Kegiatan positif seperti ini sangat diperlukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan membangun rasa kebersamaan,” katanya.

Kaswad menambahkan, bahwa situs cagar budaya Pulomajeti sudah dikenal luas bahkan telah dibuatkan film.

Menurutnya, keberadaan situs ini serta kegiatan adat yang digelar menjadi potensi besar untuk mendukung perekonomian masyarakat setempat.

“Situs ini sudah dikenal terlebih sudah dibikin film, jadi harus dimanfaatkan untuk membangkitkan perekonomian masyarakat,” pungkasnya.

(Hermanto/PasundanNews.com)