BAWASLU Kabupaten Ciamis Menggelar Apel Siaga Pengawasan. Foto/PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – BAWASLU (Badan Pengawas Pemilu) Ciamis menggelar Apel Siaga Pengawasan menyusul dimulainya tahapan Pemilu 2024.

Apel siaga pengawasan pemilu tersebut berlangsung dihalaman kantor BAWASLU Kabupaten Ciamis, Selasa (14/6/2022)

Ketua BAWASLU Ciamis, Uce Kurniawan mengatakan, gelaran apel siaga pengawasan tersebut dilakukan serentak BAWASLU se Indonesia.

“Apel siaga ini dilaksanakan Atas perintah BAWASLU RI. Karena hari ini sudah masuk hari pertama tahapan Pemilu 2024 mendatang,” kata Uce.

Uce menuturkan, seiring dengan telah masuknya tahapan Pemilu 2024, maka BAWASLU Ciamis diberikan mandat untuk melakukan pengawasan penyelenggaraan Pemilu.

“Lonceng siaga pengawasan Pemilu 2024 sudah dinyalakan tanda pengawasan oleh BAWASLU sudah dimulai. Ini adalah start pengawasan kita,” ujarnya.

Uce juga menginstruksikan kepada jajaran Kesekretariatan BAWASLU Ciamis, sejak hari ini harus sudah memulai untuk mendeteksi pelanggaran dalam Pemilu.

“Kita harus sudah mulai melakukan tugas pengawasan. Melakukan deteksi persoalan di lingkungan masing-masing terlebih dahulu yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu,”

Lebih lanjut Uce mengatakan, gelaran apel siaga pengawasan ini untuk meminimalisir persoalan yang akan menjadi kontra produktif sukses dan tidaknya pada perhelatan Pemilu 2024.

Uce menegaskan, apabila BAWASLU sudah gelar apel siap siaga pengawasan, maka sebesar apa pun potensi permasalahan nanti akan bisa dihadapi.

Ia menambahkan, setelah kegiatan apel siaga pengawasan, BAWASLU Ciamis akan lakukan beberapa agenda. Salah satunya perekrutan panitia pengawas pemilu tingkat kecamatan atau Panwascam.

“Perekrutan dimulai pada bulan September mendatang. Tidak ada pembatasan pelamar. Namun ada beberapa kriteria yang harus pelamar penuhi” katanya.

Uce pun mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk ikut serta berpartisipasi dalam melakukan pengawasan Pemilu.

“Kita pastikan bersama, penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang adalah penyelenggaraan Pemilu yang berkualitas,” pungkasnya. (Hendry/PasundanNews.com)

Artikel sebelumyaBupati Ciamis Ajak Pengusaha dan Agnia Optimalkan Potensi Zakat
Artikel berikutnyaMinta Kejelasan Nasib Kerja, Paguyuban Honorer Ciamis Audiensi ke Bupati