Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya. Foto/Prokopim Setda Kabupaten Ciamis.

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya mengajak para pengusaha dan agnia di Ciamis untuk bersama mengoptimalkan potensi zakat.

Ajakan itu Herdiat sampaikan saat menghadiri acara silaturahmi dengan para pengusaha dan aghnia se Kabupaten Ciamis.

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Islamic Center Ciamis itu diselenggarakan oleh Baznas Kabupaten Ciamis, Senin (13/6/2022).

Turut hadir Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra dan Sekretaris Daerah (Sekda) H. Tatang Dan komisioner Baznas Kabupaten Ciamis.

Dalam sambutannya, Herdiat menyebutkan, sejak tahun 2017 Baznas Ciamis mengelola dana umat sebesar 4 Miliar. Setipa tahunnya terus mengalami kenaikan.

“Tahun 2017 lalu Baznas hanya mengelola 4 Miliar. Setiap tahunnya naik terus sampai dengan 10 dan 11 Miliar. Itu baru mencapai 1 % dari total potensi,” kata Herdiat.

Menurutnya, jika Baznas mampu mengelola potensi yang ada maka separuh dari APBD Ciamis pun bisa ditanggulangi oleh Baznas.

Herdiat mengungkapkan, ketimpangan antara miskin dan kaya sangat jauh sekali. Terlebih dengan adanya pandemi yang telah berdampak kepada semua sektor kehidupan.

“Kami dari Pemda sering meninjau langsung ke lapangan. Ternyata perekonomian masyarakat benar-benar terpuruk dan butuh uluran tangan kita,” ujarnya.

Oleh karena itu, Pemkab Ciamis mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 46 Tahun 2021 Tentang Pengelolaan Zakat.

Peraturan tersebut untuk mengoptimalkan potensi zakat dengan harapan dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

Herdiat pun mengajak kepada para komisioner Baznas Ciamis untuk senantiasa menjaga kepercayaan masyarakat.

“Mari kita layani masyarakat dengan baik jujur, dan adil. Jika semua itu terapkan maka agnia, atau pengusaha sudah tentu akan percaya,” katanya.

Sementara itu, Ketua Baznas Ciamis, Lili Miftah mengatakan, kegiatan temu pengusaha ini merupakan upaya untuk meningkatkan dana yang dikelola Baznas demi kesejahteraan umat.

“Jika zakat infak maupun shodaqoh para pengusaha dapat dikelola langsung oleh Baznas, maka penerimaannya akan semakin luas, dan akan lebih meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat,” ucapnya. (Hendry/PasundanNews.com).

Artikulli paraprakStrategi DPMPTSP Tarik Investor Tanamkan Modal di Ciamis
Artikulli tjetërTahapan Pemilu 2024 Dimulai, BAWASLU Ciamis Gelar Apel Siaga Pengawasan