Paguyuban Honorer Ciamis Audiensi ke Bupati Ciamis. Foto/Prokopim Setda Kabupaten Ciamis

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Ratusan tenaga honorer yang tergabung dalam Paguyuban Honorer Ciamis mendatangi kantor Bupati Ciamis, Selasa (14/6/2022).

Kedatangan mereka untuk mempertanyakan kejelasan tenaga honorer menyusul terbitnya surat edaran Menpan RB tentang penghapusan tenaga honorer di lingkungan kerja pemerintah.

Surat edaran tersebut membuat para tenaga honorer di Ciamis resah dan mengharapkan kejelasan dari Bupati Ciamis selaku pimpinan daerah.

Salah satu tenaga honorer Ciamis, Ani mengungkapkan, adanya surat edaran Kemenpan RB tersebut membuat para honorer Ciamis terusik. Sehingga butuh kejelasan dari Pemda.

“Kami merasa terusik dengan adanya surat edaran tersebut yang menyatakan honorer akan di hapuskan,” ucapnya.

Ia mengatakan, keputusan tersebut jelas merugikan honorer terutama bagi para honorer yang telah mengabdi selama puluhan tahun.

“Kami hanya meminta pada pak Bupati untuk memperjuangkan ke pusat tentang kejelasan nasib kami, terlebih bagi honorer tenaga teknis atau administrasi,” jelasnya.

Menanggapi hal itu, Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya mengatakan bahwa tenaga honorer adalah bagian dari pemerintah daerah yang tidak dapat dipisahkan.

“Pemda secara riil di lapangan sangat butuh sekali terhadap keberadaan tenaga honorer, kalau diberhentikan maka pemerintahan akan pincang,” jelasnya.

Herdiat menyatakan, pihaknya akan senantiasa berpihak kepada honorer. Apalagi kondisi saat ini di Kabupaten Ciamis kekurangan ASN.

“Rekruitmen ASN sangat kurang, terhitung sejak tahun 2010 dan baru ada 2019. Idealnya ASN di Ciamis sebanyak 14 ribu sedangkan jumlah yang ada hanya 8 ribu,” tuturnya.

Sebagai wujud keberpihakannya, Herdiat pun bersama jajaran mengaku siap bersama para honorer untuk menemui pemerintah pusat dan menanyakan kejelasan tentang masalah ini.

“Kalau honorer di hapus atau ditiadakan gak apa-apa, asalkan mereka langsung diangkat jadi ASN,” tegasnya.

Herdiat menyatakan bahwa pemerintah daerah Kabupaten Ciamis akan senantiasa berjuang untuk kesejahteraan masyarakatnya.

“Kami selalu berikhtiar dan berjuang terus. Pemda Ciamis akan selalu terdepan dalam mendukung bapak ibu sekalian,” pungkasnya. (Hendry/PasundanNews.com)

Artikel sebelumyaTahapan Pemilu 2024 Dimulai, BAWASLU Ciamis Gelar Apel Siaga Pengawasan
Artikel berikutnyaMomentum Hari Jadi Ciamis ke 380, DPRKPLH Serahkan Penghargaan Adiwiyata ke 25 Sekolah