Pengibaran Bendera Pusaka Merah Putih Oleh Paskibraka Kabupaten Ciamis di Lapang Lokasana Ciamis. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Kemerdekaan bangsa Indonesia tidak didapatkan dengan mudah.

Melainkan dengan perjuangan dan penghargaan jiwa dan raga dari para pahlawan dalam melawan penjajah.

Hal tersebut disampaikan Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya saat memimpin langsung pelaksanaan Upacara Kemerdekaan HUT RI ke 77 tingkat Kabupaten Ciamis.

Pelaksanaan upacara bertempat di Lapang Lokasana, pada Rabu (17/8/2022).

Sementara itu, Komandan Upacara Kapten Arh Suharto Perwira Kodim 0613 Ciamis bertindak sebagai Komandan Upacara, dan untuk Perwira Upacara oleh Sekretaris DPRD Kabupaten Ciamis.

Kemudian, petugas pembaca teks pancasila, Dandim 0613 Ciamis, teks Proklamasi UUD 1945 oleh Kapolres Ciamis dan teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Ciamis.

Mengawali sambutannya, Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya mengucapkan Dirgahayu Republik Indonesia ke 77 Tahun 2022.

Ia mengatakan bahwa kemerdekaan bangsa Indonesia tidak didapatkan dengan mudah.

“Pada momentum peringatan kemerdekaan ini mari Kita renungkan semua perjuangan dan jasa para pahlawan serta selalu kita doakan semoga arwah para pahlawan diterima di sisi Allah SWT, ” ucapnya.

Herdiat melanjutkan, segala perjuangan dan pengorbanan para pahlawan harus dilanjutkan oleh generasi penerus saat ini sebagai salah satu upaya dalam mengisi kemerdekaan.

“Tugas kita saat yang tidak mudah karena kita akan menghadapi berbagai tantangan dan rintangan seperti pandemi covid 19 yang telah kita hadapi selama lebih dari 2 tahun, ” terangnya.

Selanjutnya, Herdiat juga menyampaikan bahwa kemerdekaan juga harus didukung dengan kebersamaan dan sinergitas yang kuat.

“Kemerdekaan harus didukung dengan kebersamaan dasar adidas yang kuat sehingga apabila terdapat tantangan dan rintangan kita semua akan pulih lebih cepat dan segera bangkit lebih kuat untuk membawa indonesia menjadi lebih baik dan lebih maju,” paparnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Ciamis juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan pada semua pihak yang telah turut berpartisipasi aktif dalam penanganan Covid 19 di Kabupaten Ciamis.

“Kami sampaikan apresiasi dan penghargaan kepada forkopimda Satgas dan relawan Covid-19 Kabupaten, kecamatan maupun desa pada tenaga kesehatan dan unsur TNI/Polri serta seluruh masyarakat yang telah bahu membahu bersama-sama melaksanakan penanganan kasus Covid 19,” kata Herdiat.

“Fokus kita berikutnya dalam melanjutkan kegiatan pembangunan dan pemulihan ekonomi daerah,” tutupnya.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakTingkatkan Kesadaran Lingkungan, DPRKPLH Ciamis Kampanyekan Tertib Sampah di Momen HUT RI ke 77
Artikulli tjetërPeringati Hari Kemerdekaan RI ke 77, Narapidana di Lapas Ciamis Mendapat Remisi