Kepala Dinas PRKPLH Kabupaten Ciamis, Dr. H. Taufik Gumelar, S.T.,M.M. Foto/PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Dalam meningkatkan kesadaran lingkungan, Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Ciamis kampanyekan tertib dalam memilah sampah.

Apalagi, di momen peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77 tahun, banyak acara yang berpotensi menyisakan sampah secara berserakan.

Hal tersebut disampaikan Kepala DPRKPLH Ciamis, Dr. H. Taufik Gumelar, S.T.,M.M. Selasa (16/8/2022) dalam keterangannya kepada PasundanNews.com.

Ia mengajak masyarakat agar di momentum HUT RI yang ke 77 ini untuk lebih meningkatkan kesadaran pada kebersihan lingkungan.

“Momen kemerdekaan ini bagaimana caranya dengan semangat pahlawan, masyarakat bisa lebih meningkatkan kesadaran terhadap kebersihan lingkungan,” katanya.

Semangat Kreatif melalui Pemanfaatan Sampah dengan Bank Sampah

Di samping itu, pihaknya pun kini tengah menggencarkan program bank sampah kepada masyarakat.

Masyarakat bisa memilah dan menabung ke bank sampah. Apalagi, perkembangan program ini sudah terbentuknya Bank Sampah Induk Ciamis.

“Jumlah bank sampah unit atau BSU dibawah binaan bank sampah induk saat ini sebanyak 258 unit. Nasabahnya juga sudah banyak, mencapai ribuan di seluruh Ciamis,” jelasnya.

Untuk diketahui, mengenai program ini secara teknis, masyarakat bisa menyetorkan sampah yang sudah dipilah ke Bank Sampah.

Kemudian ditimbang dan nilainya dikonversi menjadi uang. Nasabah atau masyarakat pun dapat menikmati hasil menabung sampah untuk keperluan atau kebutuhan tertentu.

“Menumbuhkan kesadaran lingkungan ternyata bisa berkaitan dengan yang lain. Termasuk menjaga kebersihan dengan memilah sampah dari rumah sehingga mengurangi pembuangan,” ungkapnya.

Taufik melanjutkan, selain mewujudkan Ciamis Bersih, melalui program ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam memanfaatkan sampah sehingga memiliki nilai guna.

Sehingga melalui sampah bisa meningkatkan kesejahteraan khususnya bagi masyarakat Kabupaten Ciamis.

“Semoga di hari kemerdekaan ini, masyarakat Ciamis bisa lebih menjaga kebersihan lingkungan, dan memiliki jiwa kreatif dan mandiri melalui Bank Sampah,” tutupnya. (Hendri/PasundanNews.com)

Artikel sebelumyaMomentum HUT RI Ke-77, Ketua DPD AMPI Ciamis:  Generasi Milenial Harus Lebih Kreatif
Artikel berikutnyaSuarakan Kebersamaan dan Sinergitas, Upacara Kemerdekaan di Ciamis Berlangsung Khidmat