Wakil Ketua Badan Pengkajian MPR RI, Dr. Agun Gunandjar Sudarsa, Bc., IP., M.Si. Foto/Ist.

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Anggota MPR RI, Dr. Agun gunandjar Sudarsa, Bc.IP., M.Si menggelar sosialisasi 4 pilar MPR RI, Rabu (26/4/2023).

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula FKB (Forum Ketahanan Bangsa) Kabupaten Ciamis.

Kang Agun yang juga sebagai Wakil Ketua Badan Pengkajian MPR RI menyampaikan tentang pentingnya persatuan dan kesatuan berbangsa dan bernegara.

“Hal ini yang sangat fundamental dalam menjalankan kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat khususnya di era digital,” kata Kang Agun.

Menurutnya, kehidupan berbangsa dan bernegara dalam menghadapi tahun politik memiliki tantangan yang perlu mendapat perhatian dari seluruh kalangan masyarakat.

Di era digital saat ini, selain membawa banyak manfaat juga perlu adanya kebersamaan dalam memecahkan masalah yang akan terjadi ke depan.

“Khususnya menyangkut persatuan sebagai amanat sila ke-tiga Pancasila,” ujar politisi senior Partai Golkar yang akrab disapa Kang Agun tersebut.

Kang Agun menegaskan bahwa politik merupakan sarana ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa Allah SWT.

Maka sejatinya politik harus mampu merawat dan menjaga persatuan dan kesatuan.

Sehingga hal itu akan mampu melahirkan dampak keadilan dan kesejahteraan bagi masyarakat.

“Kita melaksanakan tugas dan amanah yang sesuai dengan ajaran-Nya. Sehingga persatuan, kesatuan, keadilan, dan kesejahteraan menjadi tujuan utama,” tegas Kang Agun.

Kang Agun pun berharap, publik atau masyarakat semakin pintar dan cerdas dalam bersosial media.

Masyarakat harus mampu menyeleksi berita yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan.

Yang hal itu lahir dari kepentingan politik yang tidak sesuai dengan kaidah-kaidah pancasila.

Menjalankan Kehidupan Bermasyarakat Sesuai dengan Nilai Pancasila

Kang Agun menambahkan, kegiatan sosialisasi 4 pilar ini bertujuan untuk mendorong masyarakat agar semakin cerdas dalam menjalankan kehidupan sesuai dengan nilai Pancasila.

“Agar kita sama-sama menjalankan kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat khususnya era digital saat ini,” jelas Kang Agun yang juga Anggota DPR RI Dapil Jabar X Fraksi Partai Golkar itu.

Disisi lain, masyarakat yang menjadi peserta sosialisasi 4 pilar tersebut mengapresiasi atas penyelenggaraan kegiatan tersebut.

Masyarakat pun berharap kegiatan tersebut bisa terus terlaksana secara masif.

Sehingga masyarakat semakin cepat tercerahkan dalam hal kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kami sangat bersyukur dan merasakan manfaat dari kegiatan ini, semoga kegiatan ini dilakukan secara masif agar kami semakin tercerahkan,” tutur Andini sapah satu peserta sosialisasi 4 pilar MPR RI tersebut.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakPonpes Assyifa Padaherang Pangandaran Gelar Halal Bihalal bersama Alumni
Artikulli tjetërBerkunjung ke Garut, Anies Ajak Para Pendukung Santun Berpolitik