Gubernur Jabar, Ridwan Kamil saat memberikan tausiyah di Masjid Kampus UGM, Yogyakarta. Foto/Istimewa

PASUNDANNEWS.COM – Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat, hadir di Masjid Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM), Kamis (7/4/2022).

Kehadiran Gubernur Jabar itu, yang akrab disapa Kang Emil memberikan kesan menarik.

Pasalnya, sebelum digelar shalat Tarawih berjamaah, ia kebagian jadwal untuk memberikan ceramah pada Selasa (5/4/2022) lalu.

Ceramah Kang Emil sebagai Gubernur Jawa Barat ini, menjadikan suasana masjid kian bergema. Lantaran disambut antusias oleh jamaah shalat Tarawih yang kebanyakan adalah mahasiswa UGM.

Suasana tampak cair dengan pembawaan Kang Emil yang santai dan sesekali mengeluarkan candaan, seperti dilaporkan Fokusjabar. Sehingga membuat jamaah beberapa kali tertawa lepas.

Usai berjamaah shalat Tarawih, sejumlah mahasiswa UGM dan masyarakat yang tinggal di sekitar masjid, sengaja menunggu Kang Emil untuk mengabadikan momen tersebut dengan berswafoto.

Ridwan Kamil Memberikan Ceramah yang Mengesankan

Ridwan Kamil memberikan ceramah yang mengesankan. Begitulah pengakuan salah seorang mahasiswa UGM, Muhammad Ilham.

Sebelumnya, ia terbiasa shalat tarawih di masjid dekat kost nya. Ia mengaku, kali ini sengaja menyempatkan hadir ketika mengetahui ada Kang Emil.

“Pak Emil pandai menyampaikan ceramah dengan baik. Melebihi ekspektasi sih,” katanya.

Ilham juga mengaku terkesan. Terkait cara Ridwan Kamil menyikapi pekerjaannya saat ini sebagai Gubernur Jawa Barat.

“Yang disampaikan dalam ceramah Ridwan Kamil tadi salah satunya soal berdakwah. Jadi berdakwah itu bisa dengan banyak hal seperti yang dia lakukan saat ini. Pekerjaan itu bisa sebagai sarana untuk berdakwah, melalui kekuasaan,” ujarnya.

Terus kata dia, Kang Emil juga membahas tentang Indonesia di tahun 2045 bisa jadi negara adidaya dengan beberapa syarat. Di antaranya bisa menjaga stabilitas politik dan ekonomi.

“Jangan banyak pertengkaran akibat perbedaan. Karena perbedaan itu bisa sebagai rahmat,” ucap Ilham.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikel sebelumyaSaddil Ramdani Terpaksa Tak Bela Timnas di Sea Games 2022
Artikel berikutnyaDisnakan Ciamis Lakukan Surveilans Pada Hewan Ternak di 27 Kecamatan Kabupaten Ciamis