BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Rapat paripurna DPRD Ciamis digelar dalam rangka agenda penetapan kesepakatan bersama terhadap Rancangan KUA dan PPAS TA. 2023 menjadi KUA dan PPAS.

Agenda tersebut berlangsung pada Jum’at (12/8/2022) di Gedung DPRD Ciamis.

Turut hadir Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, Badan Anggaran DPRD, Fraksi – fraksi dan komisi-komisi serta seluruh anggota DPRD yang telah menyepakati rancangan KUA dan PPAS menjadi KUA dan PPAS Kabupaten Ciamis Tahun Anggaran 2023.

Dalam sambutannya, Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya mengatakan penguatan ekonomi dan sosial masyarakat akibat Pandemi Covid-19 perlu menjadi perhatian bersama.

“Belanja daerah diarahkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkualitas. Dalam kurun waktu 3 tahun terakhir ini, Pemkab Ciamis dihadapkan pada permasalahan kondisi fiskal yang tidak sehat karena dampak pandemi Covid-19,” ucapnya.

Struktur APBD Mengalami Defisit Signifikan

Herdiat menuturkan kondisi ini sangat berpengaruh terhadap struktur APBD yang mengalami kondisi defisit sangat signifikan.

“Hal ini menjadi tugas kita bersama untuk segera menuntaskannya agar tidak terus membebani struktur APBD di tahun anggaran 2023 nanti,” ujarnya.

Perlu adanya suatu komitmen bersama, tambahnya, untuk menciptakan strategi yang inovatif dalam menyikapi kondisi tersebut.

Strategi Pendapatan Daerah

Salah satu strategi tersebut diantaranya dari sisi pendapatan daerah harus terus diupayakan dengan melakukan optimalisasi peningkatan PAD secara signifikan.

Mengingat pendapatan transfer dari Pemerintah pusat saat ini yang diperoleh porsi untuk Mandatory Budget yaitu belanja yang tidak dapat dihindari jumlahnya semakin besar.

Sehingga membatasi ruang pendanaan yang dapat digunakan untuk membiayai program prioritas daerah.

“Upaya optimalisasi peningkatan PAD dimaksud ditempuh melalui penggalian potensi perpajakan, peningkatan kepatuhan wajib pajak, dan optimalisasi pengelolaan aset serta inovasi layanan, sehingga mampu menunjang kapasitas fiskal menuju kemandirian daerah,” paparnya.

Selain itu, Herdiat juga menjelaskan dari sisi belanja perlu melakukan penguatan spending better melalui pengendalian belanja yang lebih efisien lebih produktif memilih dan memilah belanja yang sangat prioritas untuk didahulukan dan belanja yang harus ditangguhkan pelaksanaannya.

“Sehingga dapat menghasilkan multiplier effect yang kuat terhadap perekonomian Ciamis untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.Rapat Paripurna DPRD Ciamis Bahas Pertumbuhan Ekonomi Daerah
(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakBADKO HMI Jabar Silaturahmi ke DUBES Ukraina-Indonesia, Dorong Pembentukan HMI Cabang Ukraina
Artikulli tjetërSosialisasi Penyaluran Dana Hibah APBD Ciamis Tahun Anggaran 2022, Bupati Ciamis: Tertib Penggunaan