Purwakarta Raih Penghargaan Sebagai Kota Layak Anak
Bupati Purwakarta saat menerima piagam Penghargaan Sebagai Kota Layak Anak (Poto: Bandungnews)

Pasundannews – Bukan hanya Kota Bandung yang meraih penghargaan Kota Layak Anak (KLA). daerah lainnya seperti Kabupaten Purwakarta juga sukses meraih sebagai KLA.

Penghargaan secara simbolis di terima oleh Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika. Pasalnya berhasil Purwakarta meraih penghargaan KLA Kategori Pratama bersama 9 kabupaten dan kota lainnya di Jawa Barat.

“Alhamdulillah Kabupaten Purwakarta yang pertama kali kali ini di nobatkan menjadi Kabupaten dan Kota Layak Anak dengan kategori pratama,” kata Ambu Anne.

Dia menjelaskan, terdapat 24 indikator penilaian dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI yang sudah ada.

“24 indikator itu, di antaranya adalah pemenuhan hak anak sudah ada lima klaster oleh tim penilai dari kementerian. Seperti yang sudah paling utama dalam pemenuhan hak anak yaitu,” katanya.

Penghargaan yang di dapatkan melalui Dinsos Purwakarta ini dari syarat lima klaster sudah di penuhi seluruhnya. Bahkan saat ini untuk Pemkab Purwakarta sendiri sudah terdapat Peraturan Daerah (Perda) layak anak.

“Pemenuhan hak anak yaitu ada lima klaster, Kabupaten Purwakarta sudah memenuhi lima klaster tersebut. Pertama adalah proses kelembagaan Alhamdulillah Perda kita sudah ada Perda Kabupaten layak anak. Kemudian ada pembentukan OPD dinas terkait yaitu Dinas Sosial pemberdayaan perempuan dan perlindungan ibu dan anak,” ucapnya.

“Yang kedua adalah pemenuhan hak sipil dan kebebasan. Kita terus mendorong anak-anak harus memiliki akte lahir, kartu tanda anak juga dorong. Lalu ketiga adalah kesehatan dasar dan kesejahteraan ini yang paling penting. Ada 10 Puskesmas yang sudah di tetapkan dan terakreditasi sebagai Puskesmas yang ramah anak. Kemudian semua sekolah juga hampir di semua tingkat berkomitmen untuk menjadikan sekolah ramah anak,” tandasnya.

Artikulli paraprakHubungan Sahrul Gunawan dan Dadang Supriatna Dikabarkan Retak, Ini Penyebabnya
Artikulli tjetërJabar Fokus Vaksinasi Disabilitas, Usai Terima Hibah 121.648 Dosis Vaksin