PASUNDAN NEWS – Personil Polsek Bantarujeg Polres Majalengka bersama Forkopimcam dan seluruh komponen masyaraka mengadakan penghijauan di dusun Cisaar Desa Gununglarang Kecamatan Bantarujeg, Rabu (24//08/2023).

Acara penghijauan tersebut digelar dengan menanam pohon berbagai jenis bibit, di antaranya pohon mangga, pohon pete, pohon jati dan Pohon mahoni.

Seperti diketahui, Kecamatan Bantarujeg secara geografis terletak di daerah pegunungan dengan konstur tanahnya perbukitan yang rawan longsor.

Melihat kondisi itu, melalui program Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. dengan tema Polri Lestarikan Negeri, Penghijauan Sejak Sini.

Kapolsek Bantarujeg IPTU Yayan Sopiana SAP.,M.A.P mengatakan, penghijauan tersebut sangat bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat sekitar.

“Selain memberikan edukasi pentingnya melestarikan alam semenjak dini, tentu untuk kelangsungan hidup sekarang dan di masa yang akan datang,” ujarnya.

“Manfaat lain yakni bisa mencegah erosi tanah yang disebabkan oleh angin dan air hujan yang berturut-turut, menjaga struktur tanah agar tidak rusak, menjaga keaneka- ragaman satwa agar tetap lestari juga dapat menyuburkan tanah yang bisa dijadikan lahan pertanian,” sambungnya.

Kapolres Majalengka AKBP Indra Novianto S.I.K. , M.Si. melalui Kapolsek Bantarujeg IPTU Yayan Sopiana S.A.P.,M.A.P menyampaikan, penanaman pohon serentak ini merupakan momentum bagi seluruh anggota Polri berbakti untuk negeri.

“Polri harus selalu hadir ditengah-tengah lingkungan .asyarakat termasuk berkontribusi akan perubahan iklim global, kondisi perubahan iklim tahun 2023 saat ini cukup ekstrim, terjadinya kekeringan yang mengakibatkan kurang pasokan air bersih di beberapa tempat di wilayah Indonesia dan rawan akan terjadinya bencana kebakaran,” ujar Kapolres mengingatkan.

Antusias masyarakat desa Gununglarang saat penanaman pohon sangat besar. Mereka terlihat sangat bersemangat dalam hal gotong-royong.

“Terimakasih kepada kepolisian khususnya Polsek Bantarujeg yang peduli dalam semua hal, termasuk membimbing kami untuk selalu menjaga kelestarian alam agar terhindar dari bencana alam,” ujar Ustad Ujang selaku tokoh agama.

“Kita berharap penghijauan penanaman pohon pelindung dan pohon produktif ini mampu memberikan dampak yang positif memberikan wawasan kepada masyarakat akan pentingnya melestarikan alam guna kelangsungan hidup untuk anak cucu kita serta yang paling penting setelah penanaman ini jangan hanya ditanam terus ditinggal, kita masih punya kewajiban dan rasa tanggungjawab bersama untuk merawatnya,” ujar Kapolsek Bantarujeg Iptu Yayan.

Artikulli paraprakWabup Yana Serahkan Bantuan Rutilahu kepada Jamaah Majelis Taklim Mar’atus Sholihah
Artikulli tjetërTerjebak di Dubai, Korban TPPO Asal Cianjur Berhasil Dipulangkan