Calon Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya saat bersalaman dengan masyarakat yang ikut mengantar daftar calon Bupati dan Wakil Bupati ke KPU Kabupaten Ciamis. Foto/PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Pilkada 2024 di Kabupaten Ciamis kali ini hanya diikuti oleh calon tunggal.

Hal tersebut menjadi sejarah bagi Kabupaten Ciamis mengingat selama gelaran Pilkada, calon tunggal baru kali ini terjadi.

Calon tunggal dimaksud yaitu pasangan Herdiat Sunarya dan Yana D. Putra. Sebelumnya, mereka menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Ciamis.

Kali ini, pasangan tersebut kembali maju bersama dengan dukungan dari 18 partai politik.

Pilkada Ciamis 2024 Perlu Partisipasi Total Masyarakat

Pilkada Ciamis 2024 memerlukan partisipasi total dari masyarakat Kabupaten Ciamis.

Sebagaimana disampaikan Sopwan Ismail selaku Anggota DPRD Ciamis yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua I DPD Partai Demokrat Provinsi Jawa Barat kepada PasundanNews.com, Kamis (29/8/2024).

Ia mengatakan bahwa Pilkada tahun ini juga merupakan kesempatan bagi rakyat untuk memberikan dukungan total kepada Herdiat dan Yana.

Sopwan melanjutkan, dengan dukungan penuh dari masyarakat, Herdiat-Yana akan memiliki dorongan yang lebih kuat.

Terlebih untuk bekerja maksimal dalam melayani dan mengabdi kepada masyarakat Ciamis.

“Calon tunggal di Pilkada Ciamis harus menjadi momentum bagi rakyat memberikan dukungan total untuk pasangan Herdiat-Yana,” ujarnya.

Karena, imbuh Sopwan, dengan dukungan total, Bupati dan Wakil Bupati Ciamis mendatang juga akan total bekerja dan mengabdi untuk rakyat.

Partisipasi masyarakat dalam pemilihan ini menjadi sangat krusial. Sopwan menekankan pentingnya kehadiran masyarakat di tempat pemungutan suara (TPS).

“Jadi rakyat harus datang ke TPS. Partisipasi pemilih tidak boleh turun dibandingkan dengan Pemilihan Legislatif (Pileg),” tegasnya.

Mengingat, Sopwan mengatakan, Pilkada kali ini menjadi kesempatan emas bagi seluruh masyarakat Ciamis.

“Bersama mengukir sejarah emas, satu pasangan calon dan kemenangan terbesar pertama kali,” ungkapnya.

Ia menilai, situasi ini bakal menjadi pelecut bagi pasangan Herdiat-Yana untuk benar-benar menjalankan amanah dan memperjuangkan janji-janji politik yang mereka sampaikan kepada masyarakat.

Pilkada Ciamis, kata Sopwan, perlu juga diwarnai oleh peran generasi muda.

“Di tengah situasi politik yang tidak biasa ini, peran anak muda menjadi sangat penting,” tuturnya.

Partisipasi aktif generasi muda akan sangat menentukan arah pembangunan Ciamis di masa yang akan datang.

“Khusus untuk anak muda, pemilik Ciamis di masa mendatang. Jangan sia-siakan kesempatan emas ini. Harus menjadi bagian dari suksesnya Pilkada, baik sebagai penyelenggara, tim sukses atau sebagai pemilih,” tandas Sopwan.

(Herdi/PasundanNews.com)