Ketua DPC PDI Perjuangan Ciamis H Nanang Permana menyerahkan berkas formulir pendaftaran Bacalon Bupati/Wakil Bupati Ciamis ke Ketua DPC Partai Demokrat Ciamis H Anjar Asmara Rabu (19/6/2024). Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Kabupaten Ciamis tahun 2024 dinamikanya terus berjalan.

Termasuk hubungan antar partai politik untuk mengusung calon Bupati dan Wakil Bupati di Pilkada 2024.

Berkaitan dengan ini, hubungan PDI Perjuangan bersama Demokrat jelang Pilkada nampak semakin mesra.

Hal ini ditandai saat Ketua DPC PDIP Ciamis, Nanang Permana menyerahkan berkas formulir pendaftaran untuk Bacalon Bupati/Wakil Bupati Ciamis ke Partai Demokrat pada Rabu (19/6/2024) siang.

Merespon itu, Ketua DPC Partai Demokrat Ciamis Anjar Asmara mengapresiasi keseriusan Nanang Permana maju di Pilkada Ciamis dan mendaftar ke partai Demokrat.

“Dengan pengembalian formulir pendaftaran Bacalon ke Partai Demokrat ini, artinya Pak Nanang serius mau maju di Pilkada Ciamis,” jelaanya.

Ketika ia mendapat surat tugas dari partainya, sontak langsung bergerak dengan membuka kerjasama politik dengan sejumlah partai di Ciamis.

Kemudian, soal peluang Nanang Permana untuk maju di Pilkada Ciamis, Anjar menyebut bahwa PDIP sudah menjalin kerjasama politik bersama Partai Demokrat dan PKS.

“Jadi nanti peluangnya seperti apa, misal Pak Nanang dengan Anjar, Pak Nanang dengan Dede Herli atau siapapun. Beliau sendiri tidak ngotot untuk menjadi Bacalon Bupati. Kita sudah bersepakat, Pilkada ini bukan untuk kemenangan kelompok atau partai politik manapun, tapi semuanya untuk kemenangan rakyat,” jelas Anjar.

Adapun berkas formulir pendaftaran Nanang Permana, Demokrat Ciamis akan menyerahkannya ke DPD Partai Demokrat Jabar.

“Dari DPD bersama Pak Nanang akan ke DPP, nanti ada arahan-arahan dengan siapa Pak Nanang berpasangan, baru nanti keluar rekomendasi, karena rekomendasi Partai itu keluar sesudah berpasangan.” tuturnya.

Kemenangan Pilkada di Ciamis adalah Kemenangan Rakyat 

Sementara itu, sejumlah anggota Fraksi Demokrat DPRD Ciamis, menyatakan akan fatsun terhadap siapa-siapa yang direkomendasikan partai maju di Pilkada Ciamis, termasuk Nanang Permana.

“Jika partai mengharuskan mendukung si A atau si B, tentu kita akan fatsun,” ungkap Iyan Sopyan anggota Fraksi Partai Demokrat.

Di tempat yang sama Erik Kridasetia, Sekretaris DPC Demokrat menyatakan, apapun yang terbaik untuk Nanang Permana, dirinya akan mendukung penuh.

Komitmen Kerjasama Politik PDI Perjuangan dan Partai Demokrat di Pilkada Ciamis akan terus terjalin.

Sementara itu Nanang Permana mengaku, pendaftaran dirinya sebagai Bacalon Bupati/Wakil Bupati Ciamis ke Demokrat, masih dalam format kerjasama politik yang sudah tertuang dalam nota kesepahaman.

Nanang Permana berharap, Partai Demokrat tetap bersama PDI Perjuangan di Pilkada Ciamis 2024 ini.

“Kita berharap Demokrat tidak loncat dan PDI Perjuangan juga tidak loncat. Perkara siapa yang diusung, yang penting kami mengusung satu pasangan calon,” kata Nanang.

Ditanya terkait satu pasangan tersebut apakah sudah muncul nama, Nanang menyebut bisa dengan siapa saja.

“Bisa jadi dengan Pak Anjar, kenapa tidak. Atau dengan nanti bisa jadi dengan orang terkenal, atau bisa jadi dengan pensiunan tentara, pensiunan polisi. Nanti kita bicara dengan Demokrat, karena saya tidak boleh ego dan Demokrat juga sama,” tandas Ketua DPRD Ciamis tersebut.

(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakCiamis Creative Festival 2024, Upaya Pemkab Ciamis  Gencarkan Promosi Produk Lokal
Artikulli tjetërProgram Citarum Harum, Pemprov Jabar Optimalkan dengan Prinsip Sabilulungan