Beranda Bandung Raya Petani Kopi di Kabupaten Bandung Ini Punya Resep Olahan Unik Kopi Dengan...

Petani Kopi di Kabupaten Bandung Ini Punya Resep Olahan Unik Kopi Dengan Buah Cerry

BERBAGI

BANDUNG, PASUNDANNEWS.COM – Kopi memang sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat Indonesia saat ini. Banyak cafe atau restoran menjajakan berbagai pilihan minuman yang satu ini di daftar menu.

Berbicara tentang kopi pasti ada ciri khas tersendiri untuk menikmatinya. Untuk mencapai rasa yang diinginkan, kopi sebelumnya harus di proses terlebih dahulu. Dari mulai proses pengolahan, sangrai dan penyeduhan.

Namun demikian, ada salah satu petani di Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung yang mempunyai teknik tersendiri dalam pengolahan kopi agar rasanya enak, khas dan berbeda dengan yang lain yaitu dengan memadukan buah Cerry dalam kopi.

“Bagi sebagian petani kopi, menganggap buah Cerry itu kurang dalam segi kualitas. Padahal setelah saya melakukan pengamatan dan mencoba beberapa kali percobaan memadukan buah cerry dengan kopi. Ternyata, rasanya berbeda dengan kopi lain,” ujar salah satu Petani Kopi, Anjar Fauji, Jumat (28/8/2020).

Anjar menjelaskan, buah Cerry tidak termasuk kedalam Cerry atau buah yang defect. Bahkan cita rasanya berbeda dengan kopi lainnya, setelah dipadukan dengan buah tersebut ada cita rasa khas tersendiri.

“Pengolahan baru tersebut sudah ditemukan di tahun 2019, dalam olahan itu. Proses Sunred ini sedikit sama dengan Proses natural, namun di awal proses natural ada tahapan atau sop untuk menjadikan Cerry kopi ini menjadi olahan sunred natural,” jelasnya.

Menurutnya, cita rasa dan aroma yang terdapat dalam olahan tersebut sangat kompleks dan berbeda dengan pengolahan proses natural. Cerry kopi ini mempunyai daya tarik tersendiri untuk menikmatinya.

“Di daerah Kabupaten Bandung itu suasanannya kan dingin, jadi cocok untuk menikmati secangkir Cerry Kopi ini,” pungkasnya. (Redaksi/Pasundannews.com)

BERBAGI