Foto/Humas Pemda Kabupaten Ciamis

PASUNDANNEWS COM, CIAMIS – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Ciamis ke-378, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Ciamis membagikan ribuan paket jajanan gratis kepada masyarakat.

Kegiatan diawali dengan penyerahan paket jajanan dari Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (DKUKMP)
Ciamis kepada TP PKK. Setiap paket berisi macam-macam jajanan yang dibeli dari para Pedagang Kaki Lima (PKL) di Ciamis.

“Pembagian jajanan gratis ini merupakan rutinitas dalam menyambut hari jadi Ciamis, dilakukan dengan penyaluran langsung kepada masyarakat dan panti asuhan yatim piatu. Mudah-mudahan dapat sedikitnya meringankan beban dan sebagai penyemangat bagi warga Ciamis” kata Ketua TP PKK Ciamis, Kania Ernawati Herdiat, Senin (15/6/2020) di halaman kantor DKUKMP Ciamis.

Dalam kesempatan itu, istri orang nomor satu di Ciamis ini juga mengajak kepada masyarakat Tatar Galuh Ciamis untuk selalu menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta melaksanakan anjuran dan aturan pemerintah ditengah situasi pandemi saat ini.

Ia juga juga mengajak kepada seluruh masyarakat dan semua pihak untuk bersama mensosialisasikan penerapan Adabtasi Kebiasaan Baru (AKB) yang saat ini sudah berjalan tiga hari diberlakukan di Ciamis.

“Menghadapi penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) saat ini, kita harus berpola hidup sehat, rutin mencuci tangan dan slalu pakai masker ketika beraktifitas, disiplin menerapkan protokol kesehatan serta jaga jarak aman antar sesama,” ucapnya.

Sementara itu, Maman, salah satu PKL Ciamis mengaku senang dan terbantu dengan dibeli dagangannya untuk paket jajanan gratis yang telah didistribusikan.

“Semoga pandemi Covid-19 segera usai, sehingga usaha kami bisa berjalan kembali seperti biasa” harapnya.

Ujang, seorang tukang ojek yang penerima paket jajanan gratis juga mengaku senang dan begitu gembira.

“Alhamdulillah, sangat senang sekali mendapat jajanan gratis, lumayan untuk keluarga dirumah,” ujarnya.

Diwaktu terpisah, Kepala DKUKMP Ciamis, David Firdha mengungkapkan, pembagian jajanan gratis merupakan hasil kerjasama dengan 142 PKL dari 12 titik di Ciamis.

Biasanya, kata David, pembagian jajanan gratis dilakukan dihalaman Pendopo dan DPRD Ciamis. Namun, dikarenakan kondisinya sedang pandemi Covid-19, maka untuk pendistribusian paket jajanan bekerjasama dengan TP PKK Ciamis.

“Kita tetap ingin memberdayakan PKL, oleh karena itu kegiatan tetap dilaksanakan dengan teknik pendistribusian berbeda,” ungkapnya.

Distribusi paket jajanan tersebut disalurkan ke 21 titik, diantaranya diberikan di pangkalan ojek, petugas lapangan kebersihan, Yayasan Yatim Piatu, warga jompo dan masyarakat tidak mampu.

“Kegiatan ini sesuai dengan tagline Ciamis Peduli dengan memberikan kepada masyarakat yang membutuhkan dan terdampak Covid-19,” tuturnya.

David mengaku, dengan adanya pandemi Covid-19 ini sangat berpengaruh terhadap pendapatan PKL. Namun begitu, pihaknya terus melakukan upaya-upaya strategis agar para PKL bisa mendapatkan omset stabil.

“Pandemi ini sangat berpengaruh sekali pada omset pendapatan para pedagang, tapi kami akan terus berupaya supaya tetap stabil” ungkapnya.

Terkait AKB di lingkungan perdagangan, David menambahkan, pihaknya menghimbau kepada pelaku usaha dan masyarakat agar patuh terhadap protokol keseheatan, terapkan physical distancing dan selalu memakai masker.

“PKL dan perdagangan di pasar tradisional dan pasar modern agar memperhatikan protokol kesehatan dan physical distancing dalam proses jual belinya, bekaitan dengan teknis selebihnya akan dibahas terlebih dahulu dengan gugus tugas,” tukasnya. (Hen02/Pasundannews.com)

Artikulli paraprakDedi Supandi Resmi Jabat Kadisdik Jabar, Ini Harapan KNPI Kota Bandung
Artikulli tjetërAku, Kau dan Perkebunan Sawit